Pengaruh metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom terhadap motivasi belajar peserta didik : Penelitian pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas III SDIT ASSU’ADAA Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi

Oemardi, Luthfi Hani (2021) Pengaruh metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom terhadap motivasi belajar peserta didik : Penelitian pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas III SDIT ASSU’ADAA Kelurahan Bahagia Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom di kelas III SDIT ASSU’ADAA Bekasi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom dikembangkan untuk menunjang pembelajaran tatap muka secara tidak langsung, terutama di masa pandemi covid-19 saat ini. Namun dalam realitanya, keaktifan dan antusias peserta didik dalam menggunakan metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom pada proses pembelajaran tidak sesuai dengan hasil yang dicapai yang terjadi justru menurunnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Seharusnya apabila peserta didik sudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom secara optimal, maka akan diikuti dengan meningkatnya motivasi belajarnya yang optimal pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SDIT ASSU’ADAA Bekasi. 2) Motivasi belajar peserta didik di kelas III SD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menggunakan metode daring melalui Zoom. 3) Pengaruh metode pembelajaran daring terhadap motivasi belajar peserta didik kelas III SD pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti melalui Zoom. Penelitian ini didasarkan pemikiran bahwa motivasi belajar peserta didik dipengaruhi banyak faktor salah satunya penggunaan metode pembelajaran, diantaranya metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom. Bedasarkan hal tersebut, maka hipotesis yang diajukan adalah pengaruh metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Quasi Eksperimen dengan desain The Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design, sampel Non Probality Sample, dan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini ialah observasi, angket, wawancara dan dokumentasi dan dianalisis menggunakan Independent Sample T-Test. Berdasakan analisis data diperoleh simpulan bahwa 1) Pelaksanaan metode pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti sudah terlaksana dengan baik dengan hasil observasi aktivitas guru rata-rata 90% berada pada kategori sangat baik. Observasi aktivitas peserta didik dengan nilai rata-rata 70% berada pada kategori cukup. 2) Motivasi belajar peserta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Daring; Aplikasi Zoom; Motivasi Belajar; Peserta Didik
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Luthfi Hani Oemardi
Date Deposited: 20 Oct 2021 13:11
Last Modified: 20 Oct 2021 13:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45227

Actions (login required)

View Item View Item