Peran pemberdyaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Klinik Runtah Saka Bentang : Studi deskriptif di Kampung Cikalang, Desa Caringin, Caringin, Bogor, Jawa Barat

Wildayanti, Wildayanti (2021) Peran pemberdyaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Klinik Runtah Saka Bentang : Studi deskriptif di Kampung Cikalang, Desa Caringin, Caringin, Bogor, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (560kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Sampah merupakan permasalahan bersama yang harus diselesaikan secara bersama-sama. Permasalahan sampah disetiap daerah memiliki tingkatannya masing-masing. Sampai saat ini, sampah selalu menjadi permasalahan yang sangat krusial. Seiring berjalannya waktu, permasalahan sampah terus saja bertambah sejalan dengan bertambahnya jumlah penduduk di negeri ini. Maka dari itu pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah menjadi hal yang perlu dilakukan guna mengatasi permasalahan lingkungan yang terus terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pemberdayaan masyarakat, proses pelaksaan program hingga hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Klinik Runtah Saka Bentang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori pemberdayaan Ambar Teguh S, yang dikaitkan dengan teori peran. Pemberdayaan dapat dimaknai sebagai sutau proses pemberian daya, kekuatan atau kemampuan dari pihak yang memiliki daya kepada pihak yang belum berdaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitiannya ialah pengelola dan masyarakat di Kampung Cikalang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Pemberdayaan Masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di Klinik Runtah Saka Bentang ialah melalui program kegiatan pengangkutan sampah, pengolahan sampah dan pemanfaatan sampah. Pelaksanaan program pengelolaan sampah melalui tahap penyadaran, tahap transformasi kemampuan dan tahap peningkatan kemampuan intelektual. Hasil program pemberdayaan dapat menumbuhkan pengetahuan kepada masyarakat bagaimana cara memilah sampah dan pentingnya mengelola sampah dengan benar, sehingga kelestarian dan kesehatan lingkungan tetap terjaga. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Klinik Runtah Saka Bentang sangat berperan dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengelolaan sampah di masyarakat Kampung Cikalang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran; Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolaan Sampah
Subjects: Islam Umum > Islam dan Ilmu Sosial
Social Interaction, Interpersonal Relations > Content of Communication
Social Process > Conflict Resolution
Communities > Socialist Communities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Wildayanti Wildayanti
Date Deposited: 25 Oct 2021 04:18
Last Modified: 25 Oct 2021 04:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45219

Actions (login required)

View Item View Item