Dampak sosial perubahan profesi dari sektor pertanian ke sektor industri: Studi kasus Dusun Buwer Desa Rancajaya Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang

Asyahri, Yunus (2021) Dampak sosial perubahan profesi dari sektor pertanian ke sektor industri: Studi kasus Dusun Buwer Desa Rancajaya Kecamatan Patokbeusi Kabupaten Subang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (339kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

Berangkat dari fakta dilapangan masyarakat Dusun Buwer Desa Rancajaya yang mayoritasnya sebagai petani kian terkikis oleh adanya arus kuat dari indutrilisasi dan dorongan dari kemajuan zaman, karena yang biasaya masyarakat mengantungkan hidupnya ke pertanian sekarang akibat masuknya industrialisasi dengan banyaknya pabrik-pabrik tekstil besar yang berdiri ditengah masyarakat membuat masyarakat befikir keras dengan memikirkan upah atau penghasilan yang pasti untuk memenuhi kebutuhan hidupnya dan juga keluarganya. Hingga akhirya masyarakat pun berbondong-bondong masuk ke areal industri dan berpindah profesi menjadi seorang buruh pabrik, karena masyarakat butuh kepastian secara penghasilan. Berbeda dengan petani yang selalu diidentikan dengan hal yang kotor. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) Dampak sosial perubahan profesi masyarakat Dusun Buwer Desa Rancajaya dari sektor pertanian ke sektor industri; (2) Faktor pendukung dan penghambat perpindahan profesi masyarakat Dusun Buwer Desa Rancajaya dari sektor pertanian ke sektor industri; (3) Bagaimana tatanan sosial masyarakat setelah berpindah profesi ke indutri. Metode ang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber datab yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan tektik pengumpulan data yang diambil malalui proses wawancara kepada masyarakat Buwer Desa Rancajaya Subang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Lokasi penelitian Buwer Desa Rancajaya Kec. Patokbeusi Kab. Subang. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, dampak sosial dari adanya perubahan profesi di masyarakat Dusun Buwer Desa Rancajaya. Kedua, arus indutrialisasi yang kuat yang mendorong masyarakat megalami perubahan secara profesi, yang menarik minat masyarakat untuk ikut serta dan terlibat dalam industri pabrik-pabrik tekstil besar. Ketiga, Faktor perpindahan profesi masyarakat dikarenakan kepastian dalam penghasilan, waktu kerja tidak terlama dalam mendapatkan upah/penghasilan, tidak juga panas-panasan, dan anggapan kerja di industri lebih mudah dan tidak perlu modal banyak dan hanya tenaga yang dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: dampak sosial; Dusun Buwer; industri; pertanian; profesi
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Research of Social Interaction
Social Process > Social Change
Social Process > Conflict Social
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Yunus Asyahri
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:58
Last Modified: 21 Oct 2021 02:58
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45205

Actions (login required)

View Item View Item