Pengaruh zakat produktif dalam bentuk program Bandung Makmur terhadap peningkatan pendapatan mustahik Zmart BAZNAS Kota Bandung

Nur, Fitriana Rosnellia (2021) Pengaruh zakat produktif dalam bentuk program Bandung Makmur terhadap peningkatan pendapatan mustahik Zmart BAZNAS Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim sekaligus pembeda antara ekonomi Islam dengan ekonomi konvensional. Zakat juga merupakan salah satu yang dapat dipergunakan untuk menghilangkan kesenjangan pendapatan antara yang kaya dan yang miskin. Seperti kita ketahui bahwa zakat yang diberikan kepada mustahik akan berperan lebih untuk mendukung peningkatan ekonomi mereka apabila disalurkan pada kegiatan produktif. Zakat produktif sesungguhnya mempunyai konsep perencanaan dan pelaksanaan yang cermat seperti mengkaji penyebab kemiskinan, ketidakadaan modal kerja, dan kekurangan lapangan kerja, dengan adanya masalah tersebut maka perlu adanya perencanaan yang dapat mengembangkan zakat produktif tersebut. Dengan berkembangnya usaha ritel (mikro)/warung kelontong dengan modal berasal dari zakat produktif maka akan meningkatnya pendapatan para mustahik dan berkurangnya kemiskinan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh zakat produktif dalam program Bandung Makmur terhadap peningkatan pendaatan mustahik ZMart di BAZNAS Kota Bandung dan untuk mengetahui bagaimana operasionalisasi Program Bandung Makmur BAZNAS Kota Bandung dalam meningkatkan peningkatan pendapatan mustahik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif-deskriptif. Cara yang digunakan peneliti dalam menjawab tujuan tersebut adalah dengan menggunakan uji regresi linier sederhana. Penelitian ini berlokasi di kantor BAZNAS Kota Bandung Jl. Wastukencana No.27, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung Jawa Barat dengan jumlah 33 responden. Pengumpulan data kuesioner dilakukan sebagai teknik dalam pengumpulan data, untuk pengolahan data dibantu dengan menggunakan alat analisis SPSS versi 26. Hasil penelitian ini membuktikan nilai thitung > ttabel (4,709 > 0,001) dengan signifikansi 0,000 < 0,05 untuk itu berdasarkan hasil uji hipotesis maka Ho ditolak Ha diterima sehingga zakat produktif dalam program Bandung Makmur berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahik ZMart di BAZNAS Kota Bandung. Maka dapat disimpulkan dari penelitian ini, bahwa operasionalisasi program Bandung Makmur yang dilakukan BAZNAS Kota Bandung telah dilakukan dengan baik, dimana prosedur dilakukan dalam survey mustahik. Dan untuk zakat produktif dalam program Bandung Makmur berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan mustahik ZMart BAZNAS Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif; Peningkatan Pendapatan Mustahik
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitriana Rosnellia Nur
Date Deposited: 19 Oct 2021 03:17
Last Modified: 19 Oct 2021 03:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45181

Actions (login required)

View Item View Item