Pengaruh kemampuan kognitif dalam membaca Al-Qur’an terhadap proses menghafal ayat Al-Qur’an pada pembelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas XII-MIPA SMAN 6 Garut

Noeraeni, Elfa Hadi (2021) Pengaruh kemampuan kognitif dalam membaca Al-Qur’an terhadap proses menghafal ayat Al-Qur’an pada pembelajaran PAI : Penelitian terhadap siswa kelas XII-MIPA SMAN 6 Garut. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan kognitif siswa dalam membaca al-Qur’an serta kurangnya rasa perhatian dalam proses menghafal ayat al-Qur’an. Hal ini didasarkan pada data dari hasil praktik pengalaman lapangan tahun 2020, setiap siswa kelas XII memperoleh nilai pada rata-rata 75 hingga 80. Di sisi lain, guru mata pelajaran sudah menerapkan proses pembelajaran dengan rutin menyetorkan hafalan pada setiap materi. Pembelajaran tersebut dilakukan agar terciptanya rasa pengetahuan dalam mempelajari materi. Oleh karena itu, timbul permasalahan bagaimana pengaruh antara kemampuan kognitif dengan proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI tersebut? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an (2) Proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI (3) Pengaruh antara Kemampuan Kognitif dalam Membaca Al-Qur’an Terhadap Proses Menghafal Ayat Al-Qur’an pada Pembelajaran PAI. Dalam penelitian ini diasumsikan bahwa kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an memiliki keterkaitan dengan proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an, maka akan semakin tinggi pula proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI. Juga sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode deskriptif, jenis data korelasional, serta sampel yang diambil sejumlah 50 responden. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan menyebarkan soal tes tulis, angket, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Adapun, untuk analisis datanya menggunakan teknik analisis parsial yang selanjutnya diikuti dengan teknik analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an di kelas XII-MIPA SMAN 6 Garut masuk ke dalam kategori baik dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 76,25; 2) Proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI di kelas XII-MIPA SMAN 6 Garut termasuk ke dalam kategori tinggi dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 3,775; 3) Pengaruh antara kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an terhadap proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI yakni sebagai berikut (a) koefisien korelasinya termasuk ke dalam kategori sangat tinggi, dengan memperoleh hasil sebesar 0,9908; (b) Hipotesisnya diterima, karena nilai thitung (50,66 ) > ttabel (2,011); dan (c) Hasil dari derajat pengaruh Variabel X terhadap Variabel Y yaitu sebesar 86%. Hal ini berarti masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi proses menghafal ayat al-Qur’an pada pembelajaran PAI selain dari kemampuan kognitif dalam membaca al-Qur’an yakni sebesar 14%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif; Membaca Al-Qur’an; Proses Menghafal Ayat Al-Qur’an; Siswa; Pembelajaran PAI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Elfa Hadi Noeraeni
Date Deposited: 26 Oct 2021 04:02
Last Modified: 26 Oct 2021 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45176

Actions (login required)

View Item View Item