Pemberdayaan pertanian organik oleh kaum perempuan dalam membantu perekonomian keluarga: Studi deskriptif di Kelompok Wanita Tani Taman Teknologi Pertanian Cigombong Kampung Cibogo Desa Tugujaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor

Noviyana, Noviyana (2021) Pemberdayaan pertanian organik oleh kaum perempuan dalam membantu perekonomian keluarga: Studi deskriptif di Kelompok Wanita Tani Taman Teknologi Pertanian Cigombong Kampung Cibogo Desa Tugujaya Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Wanita Tani sangat diperlukan dalam salah satu upaya meningkatkan peran pemerintah dalam kelompok masyarakat. Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia dan Sedap Malam merupakan wadah untuk para kaum perempuan yang ada di Kampung Cibogo Desa Tugujaya yang memberikan akses serta kesempatan dalam meningkatkan keterampilan dan membantu ekonomi keluarga. Kelompok Wanita Tani ini merupakan suatu kegiatan strategis dalam rangka meningkatkan ekonomi keluarga serta ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan perempuan dalam bidang pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah. Adapun fokus penelitian ini adalah : (1) Program-program yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia dan Sedap Malam dalam memberdayakan perempuan melalui pertanian organik, (2) Proses pemberdayaan perempuan melalui Kelompok Wanita Tani (KWT) Dahlia dan Sedap Malam, dan (3) Keberhasilan pemberdayaan perempuan melalui KWT dalam membantu ekonomi keluarga. Penelitian ini didasarkan pada teori pemberdayaan Edi Suharto, teori tersebut dipahami bahwasanya pemberdayaan merupakan sebuah tujuan dan proses untuk menuju keberhasilan. Dalam teori tersebut dipaparkan bahwa proses pemberdayaan dapat dilakukan dengan beberapa pendekatan. Dan keberhasilan suatu pemberdayaan dapat diukur dengan indikator pemberdayaan yang sudah di tentukan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini juga bersifat kualitatif, sehingga pengumpulan tidak di pandu oleh teori tetapi di pandu oleh fakta-fakta yang di temukan pada saat penelitian di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: pemberdayaan yang dilakukan Kelompok Wanita Tani “Dahlia dan Sedap Malam” di Desa Tugujaya dengan program pemanfaatan pekarangan rumah dan pelatihan-pelatihan. Dalam proses pemberdayaannya melibatkan beberapa elemen baik itu pemerintah serta swasta yang ikut berpartisipasi dalam Pemberdayaan perempuan. Keberhasilan yang dicapainya adalah terpenuhinya kebutuhan sekunder para anggota dan adanya perubahan yang ditemukan baik dari peningkatan financial maupun hubungan interkasi sosial yang baik antara anggota KWT dan masyarakat. Dengan demikian, jika proses dan program pemberdayaan kelompok wanita tani dilakukaan berlandaskan dengan hubungan baik antar anggota, maka pemberdayaan akan berhasil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Kelompok Wanita Tani; Kesejahteraan Keluarga
Subjects: Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Noviyana Noviyana
Date Deposited: 19 Oct 2021 01:15
Last Modified: 19 Oct 2021 01:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45168

Actions (login required)

View Item View Item