Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media E-Learning : Penelitian di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung

Gemilang, Putra Anugerah (2021) Kompetensi profesional guru pendidikan agama Islam dalam menggunakan media E-Learning : Penelitian di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, SMK Bakti Nusantara 666 menerapkan proses pembelajaran daring menggunakan media e-learning yang sudah berlangsung sejak awal maret 2020 hingga saat ini. Kompetensi Profesional sangat diperlukan oleh guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran daring menggunakan media e-learning. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengkaji sejauh mana kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media e-learning di SMK Bakti Nusantara 666. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kompetensi profesional guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. (2) Kelengkapan media e-learning di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. (3) Penggunaan media e-learning oleh guru PAI di SMK Bakti Nusantara 666 Cileunyi Bandung. Penelitian ini didasari oleh pentingnya kompetensi profesional yang harus dimiliki oleh guru PAI dalam melaksanakan jalannya pendidikan. Di masa pandemi, kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring dan menggunakan media e-learning. Dengan kompetensi profesional yang mengacu kepada UU Guru dan Dosen No.14 Tahun 2005 pasal 1 ayat 1 maka guru PAI akan mampu bertanggung jawab mencapai tujuan pembelajaran meskipun kegiatan pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun yang menjadi narasumber adalah guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Islam di SMK Bakti Nusantara 666 sudah cukup baik dilihat dari hasil belajar siswa yang sesuai dengan target yang diharapkan. (2) Kelengkapan media e-learning yang digunakan di SMK Bakti Nusantara 666 sudah cukup baik, fitur-fitur yang tersedia sangat membantu kinerja guru Pendidikan Agama Islam dalam melaksanakan pembelajaran daring. (3) Penggunaan media e-learning mampu dimaksimalkan dengan baik oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam menyusun perencanaan pembelajaran, memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, menyampaikan materi pelajaran, serta mengevaluasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional; Guru Pendidikan Agama Islam; Media E-Learning
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Education
Adult Education > Distance Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putra Anugerah Gemilang
Date Deposited: 08 Nov 2021 06:49
Last Modified: 08 Nov 2021 06:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45160

Actions (login required)

View Item View Item