Analisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar

Nurpangestu, Vesti (2021) Analisis kemampuan representasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (398kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Indikator soal dalam penelitian ini, yaitu: (A) menggunakan representasi visual (gambar, diagram, grafik, atau tabel) untuk menyelesaikan masalah; (B) membuat persamaan, model matematika, atau bentuk lain dari penyajian informasi yang telah diberikan dan melibatkan ekspresi matematika untuk menyelesaikan masalah; serta (C) membuat situasi masalah berdasarkan data atau representasi yang diberikan dan menyusun cerita yang sesuai dengan representasi yang disajikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 3 Terisi, Kabupaten Indramayu. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan representasi matematis, angket gaya belajar siswa, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa dengan gaya belajar visual memiliki persentase kemampuan representasi matematis sebesar 68%, mereka mampu memenuhi indikator (A) dan (B), namun kurang mampu pada indikator (C); (2) siswa dengan gaya belajar auditorial memiliki persentase kemampuan representasi matematis sebesar 58%, mereka mampu memenuhi indikator (B) namun kurang mampu pada indikator (A) dan (C); (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki persentase kemampuan representasi matematis sebesar 67%, mereka mampu memenuhi indikator (A) dan (B), namun kurang mampu pada indikator (C).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Representasi Matematis; Gaya Belajar
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Vesti Nurpangestu
Date Deposited: 18 Oct 2021 05:57
Last Modified: 18 Oct 2021 05:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45153

Actions (login required)

View Item View Item