Pola perubahan sosial setelah berdirinya tempat pembuangan akhir (TPA) : Studi kasus di Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat

Nengsih, Wida (2021) Pola perubahan sosial setelah berdirinya tempat pembuangan akhir (TPA) : Studi kasus di Desa Sarimukti Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (966kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy

Abstract

Perubahan sosial terterhadap struktur dan kehidupan masyarakat tak lepas dari kita manusia yang akan terus mengalami perubahan sosial, termasuk dalam menyikapi gejala sosial masyarakat. Seperti halnya masyarakat akan mengalami perubahan sosial tersebut, bisa dari bidang ekonomi, politik, budaya, dan perubahan sosial lainnya. Skripsi ini mengkaji awal mula dibangunnya tempat pembuangan akhir sampah di Desa Sarimukti dan pola perubahan sosial yang dirasakan oleh masayakat setelah berdirinya tempat pembuangan akhir sampah juga mengetahui hal positif dan negatif dari adanya tempat pembuangan akhir sampah tersebut. Untuk menjelaskan ini, skripsi ini menggunakan teori dari Kingsley Davis. Menurut Davis, perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Ciri-ciri perubahan sosial menurut Davis yaitu tidak ada masyarakat yang berhenti untuk berkembang, perubahan akan terjadi pada lembaga kemasyarakatan atau sosial, perubahan sosial yang cepat biasanya akan mengakibatkan disorganisasi yang bersifat sementara karena berada dlam proses penyesuaian, perubahan tidak dapat dibatasi pada bidang kehendak atau spiritual saja melainkan mempunyai hubungan timbal balik yang kuat. Skripsi ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis data primer dan yang diperoleh langsung dengan objek penelitian. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini merupakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa perubahan sosial yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya TPA sampah Sarimukti sangat membatu tingkat perekonomian warga sekitar dan adapun dampak positif dan negatifnya. Dampak positifnya yaitu membantu perekonomian masyarakat sekitar dan dampak negatifnya yaitu tercemarnya lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perubahan Sosil
Subjects: Social Process > Social Change
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Wida Nengsih
Date Deposited: 18 Oct 2021 15:18
Last Modified: 18 Oct 2021 15:18
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45149

Actions (login required)

View Item View Item