Perlindungan hukum terhadap perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga oleh penegak hukum di wilayah Kabupaten Majalengka dihubungkan dengan pasal 16 undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga

Permana, Adi Rizka (2021) Perlindungan hukum terhadap perempuan korban tindak pidana kekerasan dalam rumah tangga oleh penegak hukum di wilayah Kabupaten Majalengka dihubungkan dengan pasal 16 undang-undang nomor 23 tahun 2004 tentang kekerasan dalam rumah tangga. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan hukum pada perempuan dari tindak kekerasan, khususnya kekerasan telah diatur dalam berbagai instrumen hukum nasional. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 Tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga tersebut dibuat dalam rangka penghapusan diskriminasi terhadap perempuan. Dibuatnya beberapa peraturan perundang-undangan sebagai instrumen hukum untuk melindungi perempuan dari tindak kekerasan, namun dalam prakteknya belum dapat menjamin perlindungan hukum terhadap perempuan dari tindak kekerasan fisik, psikis dan seksual. Instrumen hukum belum mampu menjadi dasar untuk menjamin adanya perlindungan hukum bagi perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kendala penegakan hukum dalam mengimplementasikan perlindungan korban kekerasan terhadap perempuan dalam rumah tangga, apakah upaya perlindungan hukum terhadap perempuan sebagai korban kekerasan dalam rumah tangga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitis yaitu meneliti dan memberi gambaran yang menyeluruh dan sistematis terkait perlindungan hukum terhadap perempuan korban kekerasan dala rumah tangga untuk kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan yuridis empiris, penelitian yuridis empiris adalah penelitian hukum mengenai pemberlakuan atau implementasi dengan melihat kenyataan yang ada di masyarakat terkait perlindungan hukum terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga oleh aparat penegak hukum. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan penegakan hukum dalam mengimplementasikan perlindungan korban terhadap perempuan yang dilakukan oleh Unit PPA Polres Majalengka sulit mengungkap dan menyelidiki adanya kekerasan dalam rumah tangga. Perlindungan hukum terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga belum sepenuhnya memberikan perlindungan terhadap perempuan. Padahal prinsip perlindungan hukum itu sendiri adalah memberikan pengayoman terhadap Hak Asasi Manusia yang dirugikan orang lain dan perlindungan itu diberikan kepada masyarakat agar dapat menikmati semua hak-hak yang diberikan oleh hukum. Perlindungan hukum yang diberikan oleh Unit PPA Polres Majalengka terhadap perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga adalah melakukan pencegahan terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dan melakukan pendampingan korban kekerasan dalam rumah tangga serta pemulihan korban kekerasan dalam rumah tangga secara preventif dan represif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum;Penegakan Hukum;
Subjects: Private Law > Organizations, Associations Law
Public Administration > General Publications of Public Administration
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Adi Rizka Permana
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:06
Last Modified: 03 Nov 2021 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45128

Actions (login required)

View Item View Item