Aktivitas santri mengikuti kegiatan keagamaan Riyadha hubungannya dengan kedisiplinan dalam beribadah: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah Garut

Ishesholihah F. Z, Ega (2021) Aktivitas santri mengikuti kegiatan keagamaan Riyadha hubungannya dengan kedisiplinan dalam beribadah: Penelitian terhadap santri Pondok Pesantren Miftahul Jannah Garut. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2-ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya aktivitas santri saat mengikuti kegiatan keagamaan Riyadha sehingga berdampak terhadap kurangnya kesadaran santri terhadap aturan-aturan yang diberlakukan di pesanten terutama kesadaran tanggung jawab dirinya sebagai makhluk ciptaan Allah Swt. dalam hal ini kesadaran yang paling sering disepelekan ialah masalah kedisiplinan. dari hasil survei dan wawancara dengan asatidz/asatidzah di pesantren, menunjukkan masih banyak santri yang terlambat solat berjamaah, terlambat masuk kelas, tidak mengerjakan tugas yang diberikan Asatidz, dan lain sebagainaya, sehingga banyak yang memandang bahwa rendahnya disiplin beribadah tersebut akibat kurangnya kesadaran santri dalam mengamalkan nasihat-nasihat yang diberikan oleh Kyai atau ustadz di pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1 Aktivitas Santri mengikuti kegiatan keagamaan Riaydha (2 Pembinaan Nilai Kedisiplinan dalam beribadah (3 hubungan antara aktifitas santri mengikuti kegiatan keagamaan Riyadha dengan kedisplinan beribadah mereka sehari hari. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa Aktivitas Santri Mengikuti Kegiatan Keagamaan Riyadha berhubungan dengan Kedisiplinan Dalam Beribadah. Sehingga hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas santri mengikuti kegiatan keagamaan riyadoh maka akan semakin kuat pula kedisiplinan mereka dalam beribadah. begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan adalah korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 40 santri di Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Adapun untuk analisis data menggunakan dua pendekatan yakni analisis parsial dan analisis korelasional. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: (1 Aktivitas Santri mengikuti kegiatan keagamaan riaydha di Pondok Pesantren Miftahul Jannah berkategori tinggi (3,77), (2 Pembinaan Nilai Kedisiplinan dalam beribadah santri berkategori kuat (4,11), (3 Hubungan antara keduanya: (a) Koefisien Korelasinya termasuk kategori tinggi (0,78), (b) Hipotesisnya diterima, yaitu terdapat hubungan pada Aktivitas Santri mengikuti kegiatan keagamaan Riaydha dengan kedisiplinan dalam beribadah santri di Pondok Pesantren Miftahul Jannah. Berdasarkan t hitung = (7,8> t tabel = 2,03) (c) Kadar pengaruh variabel X (Aktivitas Santri mengikuti kegiatan keagamaan riyadha) dan variabel Y (Kedisiplinan dalam beribadah santri di Pondok Pesantren Miftahul Jannah). sebesar 61% sehingga diperkirakan masih terdapat 39% faktor lain yang mempengaruhi aktivitas santri mengikuti kegiatan keagamaan riyadoh terhadap kedisiplinan beribadah santri di Pondok Pesantren Miftahul Jannah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Riyadha; Kedisiplinan Beribadah
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ega Ishesolihah F.z
Date Deposited: 26 Oct 2021 00:03
Last Modified: 26 Oct 2021 01:17
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45101

Actions (login required)

View Item View Item