Aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring selama pandemi hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon Tahun Ajaran 2020-2021 Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon

Nurjanah, Aisyah Silvianti (2021) Aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring selama pandemi hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian pada siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon Tahun Ajaran 2020-2021 Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover .pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI .pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, di MTsN 11 Cirebon dalam pembelajaran Akidah Akhlak menggunakan quizizz. Secara umum siswa mengikuti pembelajaran dengan baik. Penulis merasa tertarik untuk meneliti mengenai aktivitas siswa dan hasil belajarnya serta adakah hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon melalui aplikasi quizizz pada pelajaran Akidah Akhlak dalam pembelajaran daring selama pendemi (2) Hasil belajar kognitif siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon pada pelajaran Akidah Akhlak di masa pandemi (3) Hubungan aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring selama pandemi hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini berasal dari asumsi bahwa hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak dipengaruhi banyak faktor, salah satunya yaitu aktivitas belajar siswa dan media yang digunakan termasuk didalamnya penggunaan aplikasi quizizz pada aktivitas belajar siswa. Dari asumsi tersebut peneliti mengajukan hipotesis semakin baik aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring semakin tinggi pula hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan metode yang digunakan yaitu korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 45 orang. Cara pengumpulan datanya dengan observasi, menyebarkan angket, tes dan wawancara. Analisis datanya menggunakan pendekatan statistik yaitu analisis parsial, uji normalitas, analisis korelasi dan uji pengaruh variabel X dan variabel Y. Hasil penelitian menunjukan: (1) aktivitas belajar siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon melalui aplikasi quizizz pada pelajaran Akidah Akhlak secara daring (online) termasuk dalam kategori cukup dengan skor rata-rata 3,25 yang berada pada interval (2,5–3,5). (2) hasil belajar kognitif siswa kelas IX MTsN 11 Cirebon pada pelajaran Akidah Akhlak di masa pandemi termasuk dalam ketagori tinggi dengan skor rata-rata 80,8 yang berada pada interval (80-100). (3) Hubungan aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring selama pandemi (Variabel X) dengan hasil belajar kognitif siswa pada pelajaran Akidah Akhlak (Variabel Y) memiliki koefisien korelasi sebesar 0,018. Dan hasil uji signifikansi koefisien korelasi thitung < ttabel yaitu 0,065 < 4,07 hal tersebut berarti hipotesis (Ho) diterima. Dengan kata lain tidak terdapat pengaruh antara aktivitas belajar siswa melalui aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring dengan hasil belajar kognitif siswa kelas IX pada pelajaran Akidah Akhlak materi menghindari perilaku menyimpang dalam pergaulan remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar siswa; aplikasi quizizz; hasil belajar kognitif siswa
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aisyah Silvianti Nurjanah
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:46
Last Modified: 15 Oct 2021 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45089

Actions (login required)

View Item View Item