Pemberdayaan perempuan melalui program Kampung Mandiri Insani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi : Studi deskriptif di Lembaga Zakatku Bakti Persada, Kota Bandung, Jawa Barat

Januar, Gita Fitrian (2021) Pemberdayaan perempuan melalui program Kampung Mandiri Insani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi : Studi deskriptif di Lembaga Zakatku Bakti Persada, Kota Bandung, Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan dan kondisi tidak sejahtera kaum perempuan yang banyak menerima bantuan saja yang menjadikan kesulitan berkembang. Zakatku Bakti Persada sebagai lembaga zakat produktif sangat diperlukan dalam upaya menyalurkan dana pada kegiatan penguatan kaum perempuan melalui program-program untuk memperbaiki kehidupannya, maka dari itu pemberdayaan perempuan sebagai salah satu upaya penguatan perempuan melalui program Kampung Mandiri Insani. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui kesejahteraan kaum perempuan sebelum adanya program Kampung Mandiri Insani, proses pelaksanaan program dan hasil dari adanya program Kampung Mandiri Insani dalam upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Kemudian teori dalam penelitian ini menggunakan teori-teori pemberdayaan yaitu teori tentang proses pelaksanaan pemberdayaan menurut Edi Suharto dan teori kesejahteraan sosial. Dalam teori ini dijelaskan pemberdayaan adalah sebuah proses dan tujuan serta upaya kesejahteraan memakai indikator keberdayaan ekonomi dengan kerangka ACTORS (authority, confidence and competence, trust, opportunity, responsibility, support). Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan secara detail mengenai objek yang diteliti sesuai apa adanya. Metode pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kaum perempuan sebelum adanya program Kampung Mandiri Insani mengalami ketidakberdayaan bidang ekonomi, sosial dan pendidikan (pengetahuan). Kedua, proses pelaksanaan Kampung Mandiri Insani berupa kegiatan kewiausahaan mandiri pembuatan abon lele (Abole) dan pinjaman berdaya zakatku. Ketiga, hasil pemberdayaan perempuan melalui program Kampung Mandiri Insani dalam yaitu, 1). Meningkatkan pendapatan perempuan, 2). Memiliki pekerjaan, 3) Terpenuhinya kebutuhan ekonomi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Perempuan; Kesejahteraan Ekonomi
Subjects: Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Gita Fitrian Januar
Date Deposited: 14 Oct 2021 07:01
Last Modified: 14 Oct 2021 07:01
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45078

Actions (login required)

View Item View Item