Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui aplikasi Quipper School: Penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 03 Citeureup

Widyawati, Leni (2021) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui aplikasi Quipper School: Penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 03 Citeureup. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (494kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (771kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Covid-19 menuntut profesional guru untuk melek teknologi. Namun, sebagian siswa masih terkendala dengan teknologi sehingga kemampuan pemahaman konsep matematis siswa harus ditingkatkan. Tujuan penelitin ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui pembelajaran aplikasi Quipper School. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas 8.4 SMP Negeri 03 Citeureup Bogor dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya instrumen tes pemahaman konsep matematis, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar kuisioner dan dokumenter mengenai catatan perkembangan siswa dan background sarana dan prasarana sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data diperoleh: (a) Siklus I menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik dan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis berkategori cukup. (b) Siklus II menunjukkan aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan dari kategori baik menjadi sangat baik dan rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis berkategori tinggi. Adapun rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis pada tes akhir seluruh siklus berkategori tinggi. Pembelajaran Quipper School memfasilitasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep, proses interaksi dan proses refleksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Quipper School; Pemahaman Konsep Matematika
Subjects: Education, Research
Mathematics
Mathematics > Philosopy and Theory of Mathematics
Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics
Mathematics > General Publications of Mathematics
Arithmetics
Arithmetics > Abacus
Arithmetics > Arithmetic Operations
Arithmetics > Numeration Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Leni Widyawati
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:11
Last Modified: 15 Oct 2021 08:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45076

Actions (login required)

View Item View Item