Peningkatan number sense dan self confidence siswa melalui pembelajaran Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan schoology

Budiharjo, Krisbiliyadi (2021) Peningkatan number sense dan self confidence siswa melalui pembelajaran Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan schoology. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan number sense dan self confidence merupakan faktor penting dalam memahami matematika. Karena itu, pembelajaran DNR berbantuan schoology menjadi alternatif solusi untuk mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan number sense dan self confidence siswa melalui pembelajaran DNR berbantuan schoology. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIA di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) peningkatan hasil belajar number sense siswa baik pada kelas DNR berbantuan schoology maupun konvensional dikategorikan sedang berdasarkan rata-rata N-Gain; (b) peningkatan number sense siswa yang memperoleh pembelajaran DNR berbantuan schoology lebih baik dibanding siswa dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self confidence siswa pada kelas DNR berbantuan schoology dan konvensional memberikan respon positif; (d) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan number sense diantaranya siswa masih kesulitan dalam menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur serta mengaplikasikan konsep dan algoritma ke pemecahan masalah. Implikasi penelitian ini, diantaranya dengan pembelajaran DNR dapat meningkatkan kepekaan siswa terhadap bilangan dan operasi hitungnya dalam menyelesaikan permasalahan matematis serta dengan kombinasi pembelajaran DNR berbantuan schoology memfasilitasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep matematika.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan number sense; self confidence; pembelajaran DNR; schoology.
Subjects: Analysis, Theory of Functions
Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus
Analysis, Theory of Functions > Special Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Krisbiliyadi Budiharjo
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:38
Last Modified: 14 Oct 2021 01:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45057

Actions (login required)

View Item View Item