Preferensi dan persepsi muzaki terhadap keputusan memilih Lembaga Amil Zakat (LAZ) : Studi pada Lembaga Amil Zakat Yayasan Fathul Huda Kota Bandung

Kurniawati, Windi (2021) Preferensi dan persepsi muzaki terhadap keputusan memilih Lembaga Amil Zakat (LAZ) : Studi pada Lembaga Amil Zakat Yayasan Fathul Huda Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (847kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy

Abstract

Pembayaran zakat merupakan suatu kewajiban yang didasarkan pada peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam syariat Islam, dan ditujukan kepada pihak-pihak tertentu yang memenuhi syarat. Dalam konsep Islam, pemerintah dapat memberlakukan suatu aturan yang bersifat mengatur, mengkoordinasikan, dimana Penerimaan dana yang bersumber dari muzaki pada dasarnya tentu tidak terlepas dari tingkat kesadaran masyarakat, dalam hal ini yaitu para muzakki untuk membayarkan zakat mereka melalui lembaga zakat akan tetapi Kenyataan menunjukkan bahwa tidak semua muzaki membayarkan zakanya kepada lembaga amil zakat. Sebagian diantara mereka justru lebih tertarik untuk menyalurkan zakatnya ke para mustahik yang mereka pilih. Sehingga penyebab dari keadaan tersebut dipengaruhi oleh persepsi dan preferensi para muzaki terhadap keputusan memilih LAZ. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi Muzaki dalam keputusan memilih dan pengaruh preferensi secara simultan terhadap Muzaki dalam keputusan memilih LAZ. Kemudian untuk mengetahui pengaruh persepsi dan preferensi Muzaki dalam keputusan memilih LAZ secara parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriftif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari hasil survey lapangan maupun penyebaran kuesioner kepada Muzaki di Lembaga Amil Zakat Yayasan Ftathul Huda Bandung dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, dan internet yang berkaitan dan mendukung penelitian ini. Berdasarkan pengujian Hipotesis secara simultan diketahui bahwa hasil perhitungan pada tabel anova, menunjukkan nilai f hitung sebesar 51,668 dengan signifikansi sebesar 0,000. Maka 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel Presepsi dan Preferensi Muzaki secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap Keputusan Memilih Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Yayasan Miftahul Huda. Kemudian berdasarkan hasil pengujian hipotesis secara parsial Nilai signifikasi (sig.) yang didapat untuk variabel Preferensi adalah sebesar 0,000 < 0,05, atau nilai t hitung > t tabel atau 7,714 > 1,668. Hal tersebut menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, itu berarti Preferensi Muzaki berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Memilih Lembaga Amil Zakat (LAZ) di Yayasan Miftahul Huda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: zakat;muzaki;lembaga amil zakat;persepsi;prefensi;
Subjects: Econmics > Economists
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Windi Kurniawati
Date Deposited: 14 Oct 2021 01:56
Last Modified: 14 Oct 2021 01:56
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45038

Actions (login required)

View Item View Item