Korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur'an dengan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian pada siswa kelas X MA Persis Benda Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya

Nisa, Shopy Shopiatun (2021) Korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur'an dengan kemampuan membaca Al-Quran : Penelitian pada siswa kelas X MA Persis Benda Kecamatan Cipedes Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, Uin sunan gunung djati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penemuan fakta di lapangan bahwa terdapat beberapa siswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an beberapa juz, namun dilihat dari segi kualitasnya masih belum baik. Hal ini dipegaruhi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an yang baik dan benar siswa. Dengan demikian, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) aktivitas menghafal Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya, 2) kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya, dan 3) korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa kemampuan membaca Al-Qur’an pada diri seseorang dapat ditingkatkan dengan berlatih dan terus mengulang-ngulang bacaan. Mengulang-ulang bacaan ini dapat dilakukan dengan aktivitas menghafal Al-Qur’an. Hal ini selaras dengan konsep aktivitas menghafal Al-Qur’an yang dikemukakan Sa’dulloh dalam buku “9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an”, bahwa salah satu metode menghafal al-Qur’an adalah dengan metode bin-nazar, yaitu membaca dengan cermat ayat-ayat Al-Qur’an yang akan dihafal dengan melihat mushaf Al-Qur’an secara berulang-ulang. Adanya aktivitas menghafal Al-Qur’an yang dilakukan siswa maka akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an mereka. Maka dari itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi aktivitas menghafal Al-Qur’an maka semakin tinggi juga kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi, dimana metode ini digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel yang berbeda yaitu variabel X dan variabel Y melalui uji analisis statistik. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket, tes lisan, dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil analisis data diperoleh simpulan : 1) realitas aktivitas menghafal Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya (variabel X), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 4,08 yang termasuk kedalam kategori tinggi, 2) realitas kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya (variabel Y), memperoleh nilai dengan rata-rata sebesar 82,31 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi, dan 3) realitas korelasi antara aktivitas menghafal Al-Qur’an dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas X MA Persis Benda Tasikmalaya, memperoleh angka koefisien 0,67 yang berada dalam rentang 0,40-0,70 yang berarti korelasi tersebut termasuk kedalam kategori sedang atau cukup. Hasil pengujian hipotesis memperoleh thitung (4,94) < ttabel (2,042) yang dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sedangkan hasil koefisien korelasi memperoleh kadar pengaruh yakni sebesar 44,89% yang artinya terdapat 55,11% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas; Menghafal Al-Qur’an; Kemampuan; Membaca Al-Qur’an; Siswa;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shopy Shopiatun Nisa
Date Deposited: 13 Oct 2021 05:28
Last Modified: 13 Oct 2021 05:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44986

Actions (login required)

View Item View Item