Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada Materi Momentum dan Impuls dengan memanfaatkan Sensor (In) Elastic Collision pada Aplikasi Phyphox

Flara, Riana Lady (2021) Pengembangan LKPD untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada Materi Momentum dan Impuls dengan memanfaatkan Sensor (In) Elastic Collision pada Aplikasi Phyphox. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari masalah yang ditemukan dilapangan bahwa pemanfaatan sensor android untuk praktikum fisika masih jarang digunakan pada proses pembelajaran, padahal mayoritas guru dan peserta didik sudah memiliki android. Selain itu kemampuan kognitif peserta didik masih rendah dengan rata-rata PAS yang hanya 45 dari KKM 78. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD, peningkatan kemampuan kognitif, dan hasil angket respon peserta didik. Metode penelitiannya yaitu R & D dengan model Borg and Gall yang umumnya memiliki 10 tahapan. Namun, pada penelitian ini dibatasi sampai 9 tahapan. Subjek penelitian yaitu peserta didik X MIA SMAN. 1 Pelabuhnaratu. Hasil validasi LKPD dari ahli materi 77,08% (valid), dari ahli media 97,22 % (sangat valid), dari guru fisika I sebesar 95% (sangat valid), dan dari guru fisika II sebesar 93% (sangat valid). Adapun hasil uji hipotesis diperoleh bahwa N-Gain sebesar 0,56 (sedang) dengan t hitung sebesar 12,719 dan t tabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,008 karena 12,719 > 2,008 (t hitung > t tabel) maka Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif pada peserta didik. Sedangkan untuk angket respon peserta didik diperoleh aspek kemudahan 79% (baik), aspek motivasi 82% (baik), dan aspek kemenarikan 81% (baik).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Sensor (In) Elastic Collision; LKPD
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Riana Lady Flara
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:34
Last Modified: 13 Oct 2021 02:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44985

Actions (login required)

View Item View Item