Efektivitas media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian kuantitatif eksperimen di kelas VI MI An-Nur V Malangbong

Nurhasanah, Apun (2021) Efektivitas media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam : Penelitian kuantitatif eksperimen di kelas VI MI An-Nur V Malangbong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada masa pandemi covid-19. Hal ini disebabkan kurangnya pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran karena keterbatasan ruang dan waktu sehingga pelaksanaan pembelajaran kurang menarik minat dan perhatian peserta didik dalam belajar. Media Audiovisual menjadi salah satu alternatif untuk diguanakan dalam proses pembelajaran. Karena media audiovisual dapat menyampaikan pesan dari pemberi ke penerima pesan dengan waktu yang realatif singkat serta dapat menarik perhatian siswa, sehingga pembelajaran lebih efektif dan efisien. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual, peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam menggunakan media audiovisual dan efektifitas penggunaan media audiovisual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MI An-Nur V Malangbong. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen metode pre-eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di MI An-Nur V Malangbong dengan subjek penelitian yang diambil dari populasi kelas VI yang berjumlah 24 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh yang berarti mengambil seluruh populasi untuk dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh dari observasi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa berupa test objektif dengan pretest dan posttset. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample t-test menggunakan SPSS 24 diperoleh t hitung –19,988 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < Level of significant (0,05) yang berarti nilai probabilitas (Asymp.Sig) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya media audiovisual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di kelas VI MI An-Nur V malangbong.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Media Audiovisual; Hasil Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Alternative Schools
Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Apun Nurhasanah
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:13
Last Modified: 13 Oct 2021 02:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44964

Actions (login required)

View Item View Item