Penerapan Model The Learning Cell Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pokok Bahasan Rencana Penyerangan Pasukan Bergajah Terhadap Kabah “ (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III MI Darussalam Banjaran)

Arina Ulfah Abdullah, Arina (2015) Penerapan Model The Learning Cell Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Pokok Bahasan Rencana Penyerangan Pasukan Bergajah Terhadap Kabah “ (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III MI Darussalam Banjaran). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (634kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (533kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)

Abstract

Model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas sangat menentukan hasil belajar siswa. Dari sekian banyak model pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah saja serta kurangnya penggunaan media dan model pembelajaran yang menyenangkan dalam menyampaikan materi, sehingga berpengaruh pada hasil belajar kognitif siswa. Oleh karena itu harus ada suatu inovasi yang dilakukan oleh guru sebagai fasilitator dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Permasalahan tersebut sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa, salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah model the learning cell karena sangat praktis, dan bisa dipelajari setiap saat. Maka dalam penelitian iini dipilih model pembelajaran the learning cell untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran the learning cell, gambaran proses menggunakan model pembelajaran the learning cell, hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran the learning cell. Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran bahwa dalam proses pembelajaran, seorang guru harus mengetahui dan mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik, sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Maka dengan penerapan model pembelajaran the learning cell diduga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam pokok bahasan Rencana Penyerangan Pasukan Bergajah Terhadap Kabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan memperbaiki praktik pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, dengan melakukan tindakan tertentu secara kolaboratif dan sistematis melalui perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data meliputi post test, lembar observasi, dan foto-foto dokumentasi sebagai bukti penelitian. Hasil penerapan model pembelajaran the learning cell dapat dilihatdari peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum penerapan model the learning cell hasil belajar belajar siswa di bawah KKM yaitu 57,5. Pembelajaran dengan the learning cell terlaksana dengan baik, hal ini terlihat dari niai rata-rata persentase aktivitas siswa siklus 1 73,1%, siklus II 75,3% siklus III 88,5%. Sedangkan aktivitas guru Setelah diterapkan model the learning cell siklus I, hasil belajar siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata 60 dengan persentase 60% siklus II 72,5 dengan persentase 72,5% dan pada siklus III 81,25 dengan persentase 81,25%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model the learning cell dapat menigkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran the learning cell dan hasil belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 19 Oct 2017 04:02
Last Modified: 19 Oct 2017 04:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4495

Actions (login required)

View Item View Item