Hubungan managemen pendidikan karakter dengan perlaku siswa: Penelitian di SMP Plus Nurul Huda Cisompet Garut

Aripin, Jenal (2021) Hubungan managemen pendidikan karakter dengan perlaku siswa: Penelitian di SMP Plus Nurul Huda Cisompet Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (519kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya inkonsistensi nilai-nilai karakter yang berlaku, ketidaksiplinan dalam tanggung jawab terhadap tugas, ketidaktaatan terhadap aturan. Perilaku yang dilakukan oleh siswa saat ini terus terlihat dengan jelas. Banyak factor yang menjadi penyebab baik atau buruknya perilaku yang ditunjukan oleh siswa, salah satu penyebabnya adalah karena di pengaruhi oleh hubugan manajemen pendidikan karakter yang di terapkan kepada para siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan: 1) manajemen pendidikan karakter siswa di SMP Plus Nurul Huda Cisompet Garut; 2) perilaku siswa di SMP Plus Nurul Huda Cisompet Garut; 3) hubungan manajemen pendidikan karakter dengan perilaku siswa di SMP Plus Nurul Huda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasi. Jenis data pada penelitian ini yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa di SMP Plus Nurul Huda. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) deskripsi per-indikator; 2) pervariabel; 3) uji normalitas data; 4) analisis korelasi; 5) koefisiensi korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) gambaran manajemen pendidikan karakter (variabel X) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 4,11. Artinya pendidikan karakter di SMP Plus Nurul Huda berdasarkan limit interval yang telah ditentukan berada pada rentang 3,40 – 4,19 dan termasuk ke dalam kategori tinggi; 2) perilaku siswa (variabel Y) mendapatkan nilai rata-rata sebesar 3,82 berada dalam rentang 3,40 – 4,19 dan termasuk dalam kategori tinggi; 3) hubungan antara manajemen pendidikan karakter (variabel X) dengan perilaku siswa (variabel Y) menghasilkan nilai rata – rata dengan menggunakan uji korelasi product moment sebesar 0,10 (0,00-0,199) dan termasuk kategori lemah tapi memiliki hubungan yang sangat positif. Berdasarkan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara manajemen pendidikan karakter (variable X) dengan perilaku siswa (variable Y) dengan nilai korelasi 0,10 dan termasuk lemah. Artinya terdapat korelasi atau hubungan antara manajemen pendidikan karakter dengan perilaku siswa di SMP Plus Nurul Huda. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, hal ini memberikan arti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen pendidikan karakter dengan perilaku siswa di SMP Plus Nurul Huda Garut.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: manajemen pendidikan; karakter; perilaku siswa
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Jenal Aripin
Date Deposited: 22 Oct 2021 16:21
Last Modified: 22 Oct 2021 16:21
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44917

Actions (login required)

View Item View Item