Pemahaman siswa terhadap materi Thaharah hubungannya dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan : Penelitian di SMP Negeri 3 Cileunyi pada siswa kelas VII

Romli, Samsu (2021) Pemahaman siswa terhadap materi Thaharah hubungannya dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan : Penelitian di SMP Negeri 3 Cileunyi pada siswa kelas VII. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (792kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang baiknya akhlak siswa dalam menjaga kebersihan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMPN 3 Cileunyi diperoleh informasi bahwa untuk melakukan pembinaan akhlak siswa dalam menjaga kesucian dan kebersihan terdapat materi thaharah pada mata pelajaran pendidikan agama islam yang di pelajari pada awal semester kedua. Namun faktanya masih terdapat siswa yang tidak merasa bersalah saat membuang sampah sembarangan, sehingga menyebabkan sampah sering di temukan di pojokan kelas, saluran pembuangan air, dan dibawah meja. Juga terkadang ditemukan siswa datang kesekolah dengan keadaan tidak rapih dari segi pakaian dan penampilan. Sebab ini lah penulis tertarik untuk meneliti korelasi antara hasil pemahaman dengan akhlak siswa dengan judul “Pemahaman Siswa Terhadap Materi Thaharah Hubungannya Dengan Akhlak Mereka Dalam Menajaga Kebersihan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pemahaman siswa terhadap materi thaharah, 2) Mengetahui akhlak siswa dalam menjaga kebersihan, 3) Mengetahui korelasi antara pemahaman siswa terhadap materi thaharah dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan. Penelitian ini didasari oleh suatu pemikiran bahwa pemahaman merupakan potensi yang harus dimiliki oleh siswa yang sedang belajar, karena hal itu akan mempengaruhi tindakan dan perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan asumsi tersebut hipotesis pada penelitian ini adalah semakin tinggi pemahaman siswa terhadap materi thaharah maka semakin baik akhlak siswa dalam menjaga kebersihan. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan korelasional. Teknik pengumpulan berupa observasi, tes, angket, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan statistik dengan menempuh analisis parsial, normalitas, regresi, korelasi dan hipotesis. Hasil penelitain diperoleh bahwa 1) Realitas pemahaman siswa terhadap materi thaharah (variabel X) mencapai nilai rata-rata nilai 70,2 dilihat pada interval 60-75 berkategori sedang. 2) Realitas akhlak siswa dalam menjaga kebersihan (variabel Y) mencapai nilai rata-rata 4,30 dilihat pada interval 4,20-5,00 berkategori sangat baik. 3) Realitas hubungan antara pemahaman siswa pada materi thaharah hubungannya dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan sangat rendah hal ini berdasarkan skor korelasi sebesar 0,09. Hasil uji hipotesis menunjukan t hitung 0,534 < t tabel 2,03 Dari nilai yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa Ho diterima. Artinya dengan "α=5%" tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman siswa pada materi thaharah (variabel X) dengan akhlak mereka dalam menjaga kebersihan (variabel Y) di kelas VII SMPN 3 Cileunyi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman; Materi Thaharah; Akhlak Menjaga Kebersihan;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Samsu Romli
Date Deposited: 15 Oct 2021 06:07
Last Modified: 15 Oct 2021 06:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44916

Actions (login required)

View Item View Item