Partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) : Studi deskriptif di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung

Mulyawati, Lili (2021) Partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) : Studi deskriptif di Kelurahan Cipadung Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan pembangunan partisipasi masyarakat merupakan hal yang lumrah di Negara yang menerapkan Demokrasi khusunya Indonesia. Partisipasi masyarakat adalah sebuah proses untuk memberikan kebebasan, kesempatan serta kewenangan kepada masyarakat dalam mencegah dan memecahkan berbagai persoalan secara mandiri. Kelurahan Cipadung yang berada di wilayah Kecamatan Cibiru adalah salah satu wilayah yang telah menjalankan Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK). PIPPK adalah program yang bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dalam percepatan proses pembangunan kewilayahan dan kesejahteraan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan melalui PIPPK yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan Evaluasi. Pemilihan teori dalam penelitian ini adalah teori partisipasi Cohen dan Uphoff dalam Astuti (2011:61-63) yang membagi partisipasi kedalam 4 bagian yaitu, tahap pengambilan keputusan, pelaksanaan, pengambilan manfaat dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan ialah Metode Deskriptif, dengan jenis data Penelitian Kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan melalukan observasi, wawancara serta dokumentasi yang berkaitan dengan permasalahan peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, partisipasi pada perencanaan program, yaitu masyarakat ikut turut berpartisipasi melalui pengambilan keputusan untuk menentukan. kedua, partisipasi pada tahap pelaksanaan, yaitu masyarakat ikut turun dalam setiap pelaksaan khususnya dalam kegiatan pembangunan melalui tenaga maupun swadaya. Ketiga, partisipasi pada pengambilan manfaat, yaitu peningkatan kesadaran masyarakat terhadap masalah yang ada diwilayahnya untuk dijadikan prioritas. Keempat, partisipasi pada evaluasi, dapat dilihat dari wujud nyata masyarakat yang ikut dalam mengevaluasi bersama RW dalam setiap kegiatan pembangunan agar setiap kegiatan pembangunan sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pada PIPPK yang dilaksanakan oleh Kelurahan Cipadung pada tahun 2019 walaupun pada tahun itu berfokus pada kegiatan pembangunan di wilayah Cipadung namun pemberdayaan yang dijalankan yaitu meliputi dari partisipasi dan kemandirian masyarakat dalam memecahkan masalah yang berada diwilayahnya sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi;Masyarakat;Pengembangan dan Pemberdayaan
Subjects: Civil Rights > Citizen Participation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Lili Mulyawati
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:36
Last Modified: 11 Oct 2021 08:36
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44893

Actions (login required)

View Item View Item