Efektivitas Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018 dan 2019 dalam pembangunan di Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung

Mardhiyah, Siti Nur (2021) Efektivitas Penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018 dan 2019 dalam pembangunan di Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa yang telah di sahkan, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah Desa. Dengan asas pengelolaan keuangan Desa seperti yang telah disebutkan dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018. Sebagaiman yang telah dilakukan oleh Desa Margahayu Selatan bahwa dalam aktualisasi dari Permendagri ini telah dilaksanakan secara sistematis dan optimal. Hal ini dapat dilihat dari hasil laporan realisasi anggaran belanja Desa bidang pembangunan pada tahun 2018 yaitu sebesar 99,96% dan mengalami kenaikan pada tahun 2019 mencapai 100%. Hal ini menunjukan bahwa kinerja pemerintah desa Margahayu Selatan dalam mengaktualisasikan Undang-Undang Desa. Sehubungan dengan fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh apa efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2018-2019 dalam pembangunan di Desa Margahayu Selatan Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Adapun teori yang digunakan yaitu teori dari Duncan dalam Steers R.M untuk mengukur efektivitas dari APBDes dengan dimendi (1) Integrasi, (2) Adaptasi, (3) Pencapaian Tujuan. Metode penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan yaitu menurut Milles dan Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penalirkan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan mengenai Efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dalam pembangunan di tahun 2018-2019 dapat dikatakan efektif, karena dalam penyerapan anggaran belanja mengalami kenaikan dari sebelumnya. Selain itu partisipasi masyarakat sangat mendukung dalam keberlangsungan pembangunan sehingga terdapat keserasian antara kebutuhan masyarakat dengan pembangunan yang di laksanakan, juga dalam penganggaran cukup transparan. Kendala yang terjadi dalam pelaksanaan APBDes pada tahun tersebut tidak terlalu signifikan hanya permasalahan mendasar seperti perubahan kebijakan dan faktor cuaca yang menghambat ketepatan waktu dalam pembangunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa; Pembangunan
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Nur Mardhiyah
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:49
Last Modified: 11 Oct 2021 07:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44872

Actions (login required)

View Item View Item