Problematika orang tua membimbing anak belajar daring selama masa pandemi covid-19: Studi di SD Negeri Cibogo Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang

Alfajaroh, Amalia Diniah (2021) Problematika orang tua membimbing anak belajar daring selama masa pandemi covid-19: Studi di SD Negeri Cibogo Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (270kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy

Abstract

Dalam penelitian ini permasalahan dilatar belakangi adanya perubahan. Metode pembelajaran dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring, peran dan fungsinya pun berubah sehingga muncul problematika orang tua ketika membimbing anak dalam belajar daring selama masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika orang tua dalam membimbing anak dalam belajar daring selama masa pandemi Covid-19 timbul karena adanya pembelajaran daring, adanya berbagai hambatan ketika proses pembelajaran daring berlangsung, dan munculnya kendala orang tua ketika mendampingi anak belajar selama proses pembelajaran daring. Teori yang dipakai dalam menganalisis problematika orang tua membimbing anak belajar daring selama masa pandemi covid-19 (Studi kasus di SD Negeri Cibogo Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang) yaitu teori Struktural Fungsional Talcot Parsons dimana suatu sistem sosial yang terdiri atas bagian-bagian atau elemen yang saling berkaitan dan saling menyatu menciptakan konsensus dan keteraturan sosial serta keseluruhan elemen akan saling beradaptasi baik terhadap perubahan internal dan eksternal dari masyarakat. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penggambaran dan menguraikan data secara sistematik. Untuk membantu pengumpulan data, maka peneliti menggunakan beberapa metode diantaranya metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Alat analisis yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Yang menjadi sumber data dalam penelitian ini yaitu: narasumber/ informan; orang tua siswa SD Negeri Cibogo, siswa SD Negeri Cibogo, pengajar / guru SD Negeri Cibogo, serta benda, dokumen ataupun aktivitas yang berinteraksi secara sinergis dalam penelitian, berlokasi di Dusun Cibogo Desa Sukaluyu Kecamatan Ganeas Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian dan simpulan dari penelitian ini bahwa pembelajaran tatap muka menjadi daring memunculkan problematika di masyarakat apalagi pada orang tua karena adanya perubahan dari sekolah tatap muka menjadi pembelajaran daring seperti kesulitan dalam mengoperasionalkan gadget, latar belakang ekonomi, latar belakang pendidikan, adanya kendala jangkauan internet, tidak memiliki cukup waktu membimbing anak belajar daring, serta sulit menumbuhkan minat belajar anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problematika Orang Tua; Pembelajaran Daring; dan Covid-19
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Amalia Diniah Alfajaroh
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:57
Last Modified: 11 Oct 2021 09:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44856

Actions (login required)

View Item View Item