Efektivitas Whatsapp sebagai media belajar daring pada mata pelajaran fiqih kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian deskriptif kuantitatif di MI Naelushibyan Kabupaten Bandung

Maulani, Zulfi Zakiah (2021) Efektivitas Whatsapp sebagai media belajar daring pada mata pelajaran fiqih kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah : Penelitian deskriptif kuantitatif di MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermula dari adanya pandemi Covid 19 di dunia, tak terkecuali Indonesia yang mengakibatkan pembelajaran tatap muka diubah menjadi pembelajaran secara daring atau online, hal ini berakibat pula pada media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring, salah satunya media WhatsApp. Penggunaan WhatsApp dalam beberapa mata pelajaran tidak efektif digunakan, salah satunya mata pelajaran fiqih. Penelitian ini memiliki tujuan yakni 1) mengetahui aktvitas guru dalam pembelajaran berbasis online dengan menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran fiqih kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. 2) mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan WhatsApp sebagai media belajar daring di kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. 3) mengetahui tanggapan orang tua terhadap WhatsApp sebagai media belajar daring pada mata pelajaran fiqih di kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. MI Naelushibyan Kabupaten Bandung merupakan tempat dilakukannya penelitian dengan fokus penelitian pada guru, siswa dan orang tua siswa kelas rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi untuk mengetahui aktivitas guru melalui penilaian Skala Guttman. Sedangkan pada siswa, peneliti mengumpulkan data melalui tes hasil belajar, dan angket untuk mengetahui tanggapan orang tua siswa dengan memakai uji validitas dan reliabilitas. Hasil temuan menunjukkan bahwa 1) aktvitas guru dalam pembelajaran berbasis online dengan menggunakan media WhatsApp pada mata pelajaran fiqih kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung masih rendah dengan persentase 69,30% berada pada kategori cukup. 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan menggunakan WhatsApp sebagai media belajar daring di kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung, belum tercapai secara klasikal dengan persentase 76,9%. 3) tanggapan orang tua terhadap WhatsApp sebagai media belajar daring pada mata pelajaran fiqih di kelas rendah MI Naelushibyan Kabupaten Bandung menghasilkan tanggapan positif dengan persentase 82%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; WhatsApp; Pembelajaran daring;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zulfi Zakiah Maulani
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:49
Last Modified: 11 Oct 2021 04:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44854

Actions (login required)

View Item View Item