Analisis kemampuan literasi matematis siswa MI kelas tinggi dalam perspektif Gender : Penelitian deskriptif kuantitatif di MIS Abdurrahman

Maharani, Tiara (2021) Analisis kemampuan literasi matematis siswa MI kelas tinggi dalam perspektif Gender : Penelitian deskriptif kuantitatif di MIS Abdurrahman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan literasi matematis siswa SD/ MI yang masih rendah menjadi latar belakang penelitian ini. Kemampuan literasi matematis siswa seyogyanya harus ditingkatkan, yakni harus dioptimalkan pelaksanaannya. Pembelajaran literasi matematika bisa dilakukan dengan cara memberikan tes yang terdiri dari soal rutin dan soal non rutin, sehingga melahirkan generasi yang mampu berpikir dan bernalar kritis, serta siswa siswi Indonesia mampu bersaing ditingkat internasional. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematis siswa MI kelas tinggi dalam perspektif gender dengan menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, sampel dalam penelitian ini yakni siswa kelas V MIS Abdurrahman dengan 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Pengambilan data didapatkan dari hasil tes kemampuan literasi matematis siswa sebanyak 4 soal. Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa: 1). Kemampuan literasi matematis siswa laki-laki memperoleh hasil dengan kriteria baik yakni dengan rata-rata skor tes 72,51; 2). Kemampuan literasi siswa perempuan memperoleh hasil bahwa kemampuan literasi siswa perempuan memiliki kategori cukup dengan rata-rata skor tes 50,64; 3). Terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan, Hal tersebut dibuktikan melalui uji Mann Whitney U-tes diperoleh bahwa Uhitung < Utabel yakni 7 < 8, sehingga H0 ditolak, H1 diterima yang berarti bahwa kemampuan literasi matematis siswa laki-laki lebih unggul daripada siswa perempuan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa; literasi matematis; gender
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Elementary Education > Mathematics for Elementary Education
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Tiara Maharani
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:51
Last Modified: 11 Oct 2021 04:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44845

Actions (login required)

View Item View Item