Pengaruh pertumbuhan penjualan dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan yang bergerak di Bidang Consumer Good Industry yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Kalbe Farma, Tbk Periode 2010-2019

Arrahman, Rizaldi Naufal (2021) Pengaruh pertumbuhan penjualan dan likuiditas terhadap struktur modal pada perusahaan yang bergerak di Bidang Consumer Good Industry yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi pada PT. Kalbe Farma, Tbk Periode 2010-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (415kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis menuntut perusahaan untuk menjaga dan meningkatkan nilai perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mampu bersaing dengan perusahaan sejenis. Berbagai upaya yang dilakukan oleh perusahan agar terus berkembang mengikuti zaman. Untuk menunjang operasional perusahaan diperlukannya sumber modal baik itu dari internal maupun eksternal. Hal ini dilakukan karena untuk memenuhi permintaan konsumen diperlukannya dana untuk memenuhi seluruh keperluan produksi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal pada PT Kalbe Farma Tbk secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Likuiditas terhadap Struktur Modal pada PT Kalbe Farma Tbk secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Struktur Modal pada PT Kalbe Farma Tbk secara simultan. Menurut teori Signalling Theory, apabila manajemen memiliki informasi yang menguntungkan perusahaan dikemudian hari dan untuk itu dibutuhkan tambahan modal, maka manajemen cenderung membiayai perusahaan dengan hutang. Jika Pertumbuhan Penjualan naik maka Struktur Modal juga akan naik. Jika Likuiditas naik maka Struktur Modal akan mengikuti naik karena Tingkat likuiditas suatu perusahaan yang cenderung tinggi Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan tahunan 2010 – 2019. Tehnik pengumpulan data yaitu kepustakaan, browsing dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 20.0 dan microsoft excel 2013 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pertumbuhan Penjualan terhadap Struktur Modal yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan besar nilai koefisien determinasi sebesar 2,2 %. Pada variabel Likuiditas secara parsial tidak terdapat pengaruh signifikan antara Likuiditas terhadap Struktur Modal yang dibuktikan oleh hasil uji t dengan besar nilai koefisien determinasi sebesar 31,6% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Kemudian secara simultan diketahui bahwa Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat pengaruh signifikan antara Pertumbuhan Penjualan dan Likuiditas terhadap Struktur Modal secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan Penjualan;Likuiditas;Struktur Modal
Subjects: Financial Economics, Finance > Banks
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Rizaldi Naufal Arrahman
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:42
Last Modified: 11 Oct 2021 04:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44834

Actions (login required)

View Item View Item