Pesan dakwah tentang Tauhid dalam buku novel Api Tauhid : Analisis isi terhadap buku 'Api Tauhid, Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid' karya Habiburrahman El Shirazy

Priani, Anisa (2021) Pesan dakwah tentang Tauhid dalam buku novel Api Tauhid : Analisis isi terhadap buku 'Api Tauhid, Cahaya Keagungan Cinta Sang Mujaddid' karya Habiburrahman El Shirazy. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (332kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (711kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy

Abstract

Tauhid merupakan ajaran utama dalam Islam, sehingga tauhid ini menjadi bahasan pokok yang perlu disampaikan dalam proses dakwah. Memasuki era digitalisasi, metode dakwah juga turut mengalami perkembangan, yang mana saat ini dakwah tidak hanya dilakukan secara tatap muka, salah satu metode dakwah yang memiliki ruang gerak tak terbatas dan mempunyai rekam jejak adalah dakwah bil-qalam atau dakwah melalui karya tulis. Salah satu media tulisan yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dakwah tauhid adalah karya sastra seperti novel. Penggunaan karya sastra novel sebagai media dakwah ini dapat mencakup materi-materi dakwah secara menyeluruh dan terperinci, sehingga nantinya dapat tersampaikan secara efektif kepada mad’u. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kategorisasi isi pesan dakwah tentang tauhid, dan kategorisasi bentuk pesan dakwah tentang tauhid yang terdapat dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kuantitatif. Dengan menggunakan teori dari Muhammad bin Abdul Wahab untuk kategorisasi isi, yang mengklasifikasikan pesan tauhid ke dalam tiga kategori, yaitu tauhid rububiyyah, tauhid uluhiyyah, dan tauhid asma’ wa shiffat, serta teori dari Alo Liliweri untuk kategorisasi bentuk pesan tauhid ke dalam tiga kategori, yaitu pesan informatif, pesan persuasif, dan pesan koersif. Pada penelitian ini, penghitungan data menggunakan lembar coding yang di isi oleh dua orang coder yang telah ditentukan sebelumnya, untuk selanjutnya dilakukan penghitungan hasil kesepakatan dengan menggunakan formula Holsti, hal ini tujuan untuk menemukan kategorisasi isi pesan dan kategorisasi bentuk pesan dakwah tauhid yang ada dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy. Kategorisasi isi pesan dakwah tentang tauhid yang terkandung dalam novel Api Tauhid karya Habiburrahman El Shirazy ini adalah pesan tauhid rububiyyah, tauhid uluhiyyah, dan tauhid asma’ wa shiffat, dengan pesan yang lebih menonjol adalah pesan tauhid uluhiyyah dengan sub-kategori Allah adalah Ma’bud, keikhlasan untuk beribadah kepada-Nya, dan Allah adalah pengatur segala urusan makhluk. Sedangkan untuk kategorisasi bentuk pesan dakwah tentang tauhid yang terkandung dalam novel Api Tauhid ini adalah pesan informatif, pesan persuasif, dan pesan koersif, dengan pesan yang lebih menonjol adalah pesan informatif dengan sub-kategori agama, sejarah, dan politik. Penggunaan karya sastra novel sebagai media dakwah memiliki tingkat efektivitas yang cukup tinggi, karena dapat menembus berbagai kalangan dan juga bersifat lebih tahan lama, seperti halnya yang dilakukan oleh Habiburrahman El Shirazy sebagai salah satu pegiat literasi yang aktif menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui karya tulisnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Pesan Dakwah; Tauhid
Subjects: Communications Telemunications
Writing Systems
Writing System
Education and Research of Literatures
World History, Civilizations
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anisa Priani
Date Deposited: 11 Oct 2021 04:34
Last Modified: 11 Oct 2021 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44826

Actions (login required)

View Item View Item