Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange dan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Penalaran Serta Kemandirian Belajar Matematis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pabuaran)

Nur Intan Fitriani, Nur (2016) Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange dan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Penalaran Serta Kemandirian Belajar Matematis Siswa (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Pabuaran). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (788kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan penalaran matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange dan strategi pembelajaran aktif tipe Knowledge Sharing. Sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sampel kelas VII-A, VII-C dan VII-D. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Nonequivalent Control group Design. Data yang diperoleh menggunakan instrumen tes dan non tes. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh : (a) Gambaran proses aktivitas guru dan siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange dan strategi pembelajaran aktif tipe Knowledge Sharing mengalami peningkatan disetiap pertemuannya. (b) Terdapat perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan koneksi matematis siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange dan Knowledge Sharing dan pembelajaran konvensional. (c) Tidak terdapat perbedaan peningkatan dan pencapaian kemampuan penalaran matematis siswa antara yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange dan Knowledge Sharing dan pembelajaran konvensional. (d) Siswa memberikan sikap positip terhadap kemandirian belajar pada strategi pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange dan strategi pembelajaran aktif tipe Knowledge Sharing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aktif Tipe Group to Group Exchange, Knowledge Sharing, koneksi, penalaran serta kemandirian
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:31
Last Modified: 18 Oct 2017 06:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4482

Actions (login required)

View Item View Item