Efektivitas pelaksanaan zakat perdagangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya

Iskandar, Lutfi (2021) Efektivitas pelaksanaan zakat perdagangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy

Abstract

Zakat perdagangan merupakan zakat yang wajib dikeluarkan oleh para pedagang yang hartanya telah mencapai nisab dan sudah berlalu satu tahun. Zakat yang wajib dikeluarkan adalah 2,5% dari harta perdagangan tersebut. Memperhatikan kegiatan perdagangan yang semakain berkembang khusunya di Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya, maka perlu perhatian serius dari para pihak terkait seperti BAZNAS untuk diadakan pembinaan, baik menyangkut kesadaran berzakat, maupun menyangkut efektivitas pengelolaanya. Hal ini cukup beralasan, karena sesuatu proses atau kebiasaan yang tidak dikelola secara profesional tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh manaefektivitas pelaksanaan zakat perdagangan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di Desa Cikalong Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pihak-pihak yang dijadikan informan dalam penelitian ini adalah ketua BAZNAS Desa Cikalong berikut stafnya, para pedagang yang sudah mencapai nisab (muzakki), dan orang yang menerima dana zakat perdagangan (mustahik). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, kesadaran masyarakat pedagang di Desa Cikalong dalam melaksanakan zakat perdagangan belum optimal. Kesadaran mengenai pembelanjaan harta di jalan agama mereka beranggapan hanya sebatas pada sedekah dan zakat fitrah saja. Kedua, pengelolaan oleh BAZNAS Desa Cikalong dalam pelaksanaanya cukup baik karena mengikuti prosedur yang ada, sehingga kualitas pendistribusian kepada mustahik dapat tepat sasaran karena melalui serangkaian pendataan. Ketiga, pendayagunaan dan optimalisasi dana zakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dinilai cukup berhasil, hal ini berdasarkan penerimaan dana zakat kepada mustahik yang membantu meringankan beban ekonomi dan bahkan memberikan modal guna merintis usaha yang dapat memungkinkan memutus rantai kemiskinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Zakat Perdagangan; Efektivitas; Kesejahteraan;
Subjects: Administration of Economy
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfi Iskandar
Date Deposited: 11 Oct 2021 05:20
Last Modified: 11 Oct 2021 05:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44809

Actions (login required)

View Item View Item