Analisis dimensi kepercayaan dan dampaknya terhadap loyalitas Muzaki pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tasikmalaya

Sya’ban, Hazmi Ahmad (2021) Analisis dimensi kepercayaan dan dampaknya terhadap loyalitas Muzaki pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tasikmalaya. Masters thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan pada era globalisasi ini masih menjadi permasalahan yang harus diselesaikan oleh negeri ini, berbagai upaya telah dilakukan baik pihak pemerintah ataupun swasta untuk mengetaskan kemeskinan dengan melakukan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, Baznas Kabupaten Tasikmalya sebagai pengelola zakat yang langsung berada dibawah Kementrian Agama dan bersifat independen, memiliki potensi besar dalam upaya mendukung program tersebut, akan tetapi pada kenyataannya bahwa lembaga ini belum dapat mencapai pendapatan yang maksimal dari potensi yang ada meskipun disetiap tahunnya dana yang terkumpul meningkat. Latar belakang inilah yang mendorong peneliti untuk melihat masalah tersebut dari sisi dimensi kepercayaan muzaki terhadap loyalitas muzaki pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Tasikmlaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dimensi-dimensi kepercayaan;berupa kemampuan, kebajikan dan integritas berpengaruh terhadap loyalitas muzaki baik secar parsial maupun secara simultan, sehingga dapat diketahui apa yang sesungguhnya yang menjadi hampatan ketidak tercapaian potensi yang ada. Secara teori dimensi-dimensi kepercayaan tersebut berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzaki seperti yang dinyatakan oleh Ribbink bahwa ketika muzaki telah memiliki kepercayaan maka hal tersebut akan mengarahkan muzaki terhadap loyalitas pada lembaga tersebut. Metodologi yang digunakan adalah dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menekankan pada pengujian teori-teori melalui pengukuran variabel-variabel penelitian dengan angka dan melekukan analisis data dengan statistik. Dalam penelitian ini penulis melekukan survei dengan mengajukan kuesioner kepada responden sebagai sumber data yang akan diuji dan kemudian dibahas hasilnya. Dari hasil penelitian didapatkan hasil berupa pengaruh variabel kemampuan (X1) terhadap loyalitas (Y) sebesar 33,4% dan nilai signifikansi 0,0 yeng menyatakan bahwa berpengaruh positif dan signifikan karena nilai signifikansi yang diterima kurang dari 0,05. Pengaruh variabel kebajikan (X2) terhadap loyalitas (Y) sebesar 26,9% dan nilai signifikansi 0,0 yang menyatakan bahwa berpengaruh positif dan signifikan. Pengaruh variabel integritas (X3) terhadap loyalitas (Y) sebesar 42,5% dan nilai signifikansi 0,0 yeng menyatakan bahwa berpengaruh positif dan signifikan. Dan secara simultan semua variabel di atas berpengaruh positif sebesar 74,8% dengan sisa 25,2% dipengaruhi oleh variabel yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan; Loyalitas; Muzaki
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Internasional Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:07
Last Modified: 12 Oct 2021 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44808

Actions (login required)

View Item View Item