Sistem penjaminan mutu pendidikan pesantren modern : Penelitian di Pesantren Modern Manahijussadat Kabupaten Lebak dan Ardaniyah Kota Serang Provinsi Banten

Subekhan, Moch. (2021) Sistem penjaminan mutu pendidikan pesantren modern : Penelitian di Pesantren Modern Manahijussadat Kabupaten Lebak dan Ardaniyah Kota Serang Provinsi Banten. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy

Abstract

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan tertua dan asli Indonesia (indigenous Indonesia) yang selayaknya lebih unggul dibandingkan dengan lembaga pendidikan yang muncul di kemudian hari. Dalam perkembangannya, pondok pesantren mengalami perubahan, ada yang salafi dan modern. Selanjutnya, dalam rangka menjamin mutu dan kualitasnya beberapa pondok pesantren modern telah melaksanakan penjaminan mutu, meskipun tidak semua pesantren membentuk penjaminan mutu. Penelitian ini difokuskan pada pesantren yang memiliki dan menarapkan sistem penjaminan mutu yang menyelenggarakan pendiddikan formal di dalamnya.Perkembangan pesantren modern Untuk itu perlu dirumuskan secara matang sistem penjaminan mutu pondok pesantren sehingga menghasilkan output lulusan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis; 1) perencanaan program sistem penjaminan mutu pendidikan pesantren sehingga pesantren dapat meningkatkan kualitas dan daya saingnya di pesantren modern Manahijussadat Lebak dan Ardaniah Kota Serang Provinsi Banten, 2) pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan pesantren 3) pengawasan dan evaluasi mutu pendidikan pesantren, 4) faktor-faktor kendala dan solusi dalam mengatasi implementasi penjaminan mutu pendidikan pesantren 5) dampak penjaminan mutu pendidikan pesantren terhadap mutu pendidikan pesantren. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah apabila lembaga pendidikan termasuk pondok pesantren dapat menerapkan perencanaan program penjaminan mutu pendidikan, pelaksanaan program penjaminan mutu, pengawasan program dan evaluasi program penjaminan mutu pendidikan dan perbaikan secara terus menerus sesuai kebutuhan masyarakat maka pesantren tersebut akan menjadi pesantren yang unggul/bermutu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori TQM (Total Quality Management).Selanjutnya, Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dengan tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program penjaminan mutu secara menyeluruh di pesantren modern Manahijussadat Kabupaten Lebak dan pesantren modern Ardaniah Kota Serang Provinsi Banten mampu meningkatkan mutu pendidikan pesantren. Hal tersebut dapat dilihat dari kegiatan merencanakan program, melaksanakan program, melaksanakan pengawasan dan evaluasi pejaminan mutu. Upaya untuk mengatasi kendala dalam implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dan tingkat keberhasilan sistem penjaminan mutu pendidikan sehingga pesantren mampu meningkatkan mutu pendidikan dan setahap demi setahap mengarah kepada pencapaian standar nasional pendidikan serta mampu mengembangkan mutu pesantren yang berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: penjaminan mutu; pendidikan pesantren
Subjects: Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam
Depositing User: Haris Maiza Putra
Date Deposited: 12 Oct 2021 08:07
Last Modified: 12 Oct 2021 08:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44807

Actions (login required)

View Item View Item