Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Karya Budi Kabupaten Bandung).

Annisa Eprila Fauziah, Annisa (2015) Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VIII C Semester Genap SMP Karya Budi Kabupaten Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text (BAB III)
5_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
6_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa di SMP Karya Budi diduga masih rendah. Salah satunya disebabkan guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi pasif dalam pembelajaran. Diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran dengan model CLIS menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Untuk mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, penelitian ini menelaah: (a) Proses kegiatan belajar mengajar matematika yang menggunakan model pembelajaran CLIS; (b) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada tiap siklus melalui model pembelajaran CLIS; (c) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa setelah mengikuti seluruh siklus melalui model pembelajaran CLIS; dan (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui model pembelajaran CLIS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tes tiap siklus dan tes akhir, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta skala sikap. Berdasarkan hasil pengolahan data, maka diperoleh: (a) Aktivitas siswa dan guru mengalami peningkatan menjadi semakin baik. (b) Rata-rata persentase kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada siklus I dengan kriteria cukup, siklus II dengan kriteria baik. (c) kemampuan pemecahan masalah matematik siswa setelah diterapkan model pembelajaran CLIS menunjukkan pada kriteria baik dan (d) sikap siswa terhadap model pembelajaran CLIS secara keseluruhan positif. Hal ini terlihat dari rata-rata skor sikap siswa lebih besar dari pada skor sikap netral.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Children Learning In Science, CLIS, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:25
Last Modified: 18 Oct 2017 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item