Peran guru menerapkan metode Home Visit pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di masa pandemi: Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor

Shobarina, Gina Nurul (2021) Peran guru menerapkan metode Home Visit pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di masa pandemi: Penelitian terhadap siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Al-Ittihad. Membaca Al-Qur’an merupakan hal mendasar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan hal yang sangat krusial untuk diajarkan secara optimal. Ihwal ini terjadi karena ragamnya pengaruh faktor internal dan faktor eksternal yang mengiringi pertumbuhkembangan siswa. Berdasarkan studi pendahuluan, Madrasah tersebut telah melandingkan berbagai program yang diupayakan oleh guru-guru MTs Al-Ittihad salah satunya peran guru menerapkan metode home visit pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode home visit; 2) Mendeskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor; dan 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan metode home visit. Dasar pemikiran penulis dalam penelitian ini ialah urgensitas peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di masa pandemi. Beberapa upaya yang dikerahkan diantaranya metode Iqra’, memanggil siswa yang memiliki motivasi dan kemampuan yang rendah, adanya guru BTQ (Baca Tulis Qur’an), pembiasaan tadarus Al-Qur’an di pagi hari sebelum pembelajaran dimulai, dan metode home visit yang menjadi jalan alternatif kala pandemi melanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengaplikasikan metode fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, tes – non tes, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis datanya ialah dengan unitisasi data, kategorisasi data dan penafsiran data. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan metode home visit untuk mengoptimalkan pembelajaran daring dan luring di masa pandemi: 2) Ragamnya kemampuan siswa kelas VII MTs Al-Ittihad Tanjungsari Bogor dalam membaca Al-Qur’an, yang dipengaruhi oleh faktor internal yang dialami yakni inteligensi, minat, bakat, dan motivasi serta faktor eksternal yang mengiringi yakni keluarga, sekolah dan masyarakat: (3) Faktor pendukung dan penghambat penerapan metode home visit yakni adanya peran guru dan masyarakat berupa Madrasah Diniyah sehingga pembelajaran termonitoring. Adapun faktor penghambatnya ialah siswa yang inkonsisten dalam belajar dan kurangnya peran, penerimaan dan perhatian dari pihak keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Metode Home Visit; Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits
Subjects: Education, Research
Islam > Islamic Religious Education
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khoridatul Bahiyyah
Date Deposited: 18 Oct 2021 23:37
Last Modified: 18 Oct 2021 23:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44771

Actions (login required)

View Item View Item