Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Optik Geometris

Gina Kusumadewi S, Gina (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Picture And Picture Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Optik Geometris. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1.pdf

Download (575kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
4_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text (BAB III)
5_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[img] Text (BAB IV)
6_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)

Abstract

Hasil study pendahuluan di kelas X Mia 3 SMAN 10 Garut salah satunya menggunakan metode wawancara dengan guru fisika kelas X menyatakan bahwa kemampuan pemahaman konsep peserta didik masih kurang dikarenakan proses pembelajaran yang masih bergantung pada guru, akan tetapi peserta didik yang mampu bertanya dan menyatakan pendapatnya hanya sebagian orang. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik, yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif picture and picture. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan scientific dengan jenis data yang diambil dalam penelitian adalah data kuantitatif dengan menggunakan instrumen berupa soal tes kemampuan pemahaman konsep pada materi optik geometris dan data kualitatf dengan menggunakan isntrumen berupa Lembar Observasi (LO) ketelaksanaan model pembelajaran kooperatif picture and picture, dan Lembar Observasi (LO) kemam¬puan pemahaman konsep. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas X Mia 3 SMAN 10 Garut, berjumlah 38 peserta didik. Metode penelitian yang telah digunakan adalah pre eksperimental dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posstest design dan pemilihan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen yang dipakai dalam pene¬litian ini adalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep fisika terhadap peserta didik, dengan memperoleh hasil pengolahan data nilai rata-rata pretest mendapatkan 57,94 %, nilai posstest mendapatkan 79,94 % dan memiliki nilai rata-rata N-Gain 0,69 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif picture and picture, pemahaman konsep, optika geometris.
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:20
Last Modified: 18 Oct 2017 06:20
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4477

Actions (login required)

View Item View Item