Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mood, Understad, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik pada Konsep Fluida Statis

Fitri Ramdhani, Fitri (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Mood, Understad, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta didik pada Konsep Fluida Statis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_babI.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB)
[img] Text (BAB III)
6_babIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
7_babIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif MURDER dan peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada konsep fluida statis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental design, dengan desain one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA MA Al-Jawami, dengan teknik sampling jenuh. Jumlah sampel sebanyak 36 orang. Data keterlaksanaan aktivitas guru dan peserta didik diperoleh melalui lembar observasi, sedangkan data pemahaman konsep peserta didik diperoleh melalui tes pilihan ganda juga hasil peserta didik selama pembelajaran yang diperoleh melalui lembar kerja kelompok peserta didik. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: (1) Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Kooperatif MURDER berkategori sangat baik dengan rata-rata aktivitas guru sebesar 93 % dan rata-rata aktivitas peserta didik sebesar 83% yang berkategori baik. (2) Pemahaman konsep peserta didik mengalami peningkatan diperoleh Z_hitung (5,23)>Z_tabel (1,68). Besarnya peningkatan pemahaman konsep peserta didik dapat dilihat dari rata-rata N-gain sebesar 0,87 dengan kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif MURDER, pemahaman konsep, fluida statis
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 3781 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2017 06:14
Last Modified: 18 Oct 2017 06:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item