Perubahan sosial ekonomi masyarakat petani kopi pasca maraknya kedai kopi: Studi deskriptif di Desa Giri Mekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung

Ruswan, Islamiati (2021) Perubahan sosial ekonomi masyarakat petani kopi pasca maraknya kedai kopi: Studi deskriptif di Desa Giri Mekar Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (757kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Penulisan ini dilatarbelakangi oleh fakta dilapangan bahwa maraknya kedai kopi membawa perubahan besar terhadap masyarakat yang berprofesi sebagai petani kopi dalam segi sosial ekonomi. Terdapat perubahan aspek Pendidikan, pengalokasian pendapatan, dan gaya hidup yang ditunjukan dalam kebiasaan dan pola pikir masyarakat. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perubahan sosial ekonomi yang terjadi pada masyarakat petani khusunya pada aspek Pendidikan, gaya hidup, dan alokasi pendapatan masyarakat pasca maraknya kedai kopi. Penulisan ini menggunakan teori Paradigma Thomas Kuhn, dimana sebuah perubahan terjadi melalui sebuah siklus yaitu paradigma I, yang menunjukan adanya perubahan pola pikir masyarakat, Ilmu Normal adalah sebuah periode akumulasi ilmu dalam memperluas paradigma yang ada, Anomali merupakan sebuah temuan baru yang tidak dapat dijelaskan oleh paradigma yang sedang berkuasa, selanjutnya adalah Krisis yaitu kondisi dimana anomaly menumpuk dan akan melahirkan sebuah Revolusi. Penulisan ini menggunakan metode kualitatif dengan studi deskriptiv untuk menggambarkan perubahan sosial ekonomi masyarakat petani kopi pada aspek gaya hidup, Pendidikan dan alokasi pendapatan masyarakat petani pasca maraknya kedai kopi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan masyarakat petani kopi. Kemudian untuk Teknik analisis data menggunakan mode Miles dan Haberman yaitu dengan reduksi data, melakukan penyajian data, dan menarik kesimpulan atas data yang sudah disajikan. Hasil dari penelitian ini menunjukan perubahan sosial ekonomi terjadi pada masyarakat petani kopi. Perubahan pada aspek Pendidikan yaitu 1) Terjadinya peningkatan jenjang Pendidikan pada sebagian anak-anak petani ke tingkat kuliah bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan 2) beberapa anak petani memilih untuk ikut terjun ke pertanian setelah tamat SMA karna potensi kopi yang menjanjikan. Pada aspek gaya hidup terdapat perubahan pada 1) Kebiasaan masyarakat, dan2) Pola pikir dalam kehidupan sehari-hari, terakhir pada alokasi pendapatan masyarakat mengalokasikan pendapatan pada 1) Pembangunan, 2) Pendidikan 3) Membuka usaha sampingan dan 4) Berternak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perubahan; Sosial; Ekonomi; Petani; Kopi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Islamiati Ruswan
Date Deposited: 11 Oct 2021 01:51
Last Modified: 18 Oct 2021 08:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44721

Actions (login required)

View Item View Item