Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 3 Bandung

Pangestuti, Rizki Dwi (2021) Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) berbantuan aplikasi Google Classroom dalam meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa : Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 3 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (983kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa, salah satunya melalui penggunaan model Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) gambaran proses siswa dan guru pada pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran ARCS; (b) perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran Konvensional; (c) respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran ARCS. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes berupa soal kemampuan koneksi matematis dan non tes yaitu angket respon siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran ARCS. Penelitian ini dilakukan di SMPN 3 Kota Bandung dengan sampel kelas VIII-6 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-7 sebagai kelas eksperimen pada materi statistika. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) gambaran proses pembelajaran guru dan siswa pada materi statistika menggunakan model pembelajaran ARCS berada pada kategori sangat baik; (b) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ARCS dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (c) sebagian besar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model pembelajaran ARCS merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran ARCS.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran ARCS;Kemampuan Koneksi Matematis;Google Classroom
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Adult Education > Distance Education
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Rizki Dwi Pangestuti
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:55
Last Modified: 07 Oct 2021 06:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44688

Actions (login required)

View Item View Item