Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Animaker pada materi sistem ekskresi

Nurzeha, Jihan (2021) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis aplikasi Animaker pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (738kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara di salah satu SMPN di kecamatan Jonggol, ditemukan kurangnya inovasi terhadap media pembelajaran. Media pembelajaran yang tersedia belum sepenuhnya memanfaatkan perkembangan teknologi yang ada. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa media ini pembelajaran video animasi berbasis aplikasi animaker sebagai alternatif media pembelajaran pada materi sistem ekskresi. Metode penelitian ini menggunakan metode R&D (research and development) dengan model pengembangan 3D. Subjek penelitian terdiri dari 30 peserta didik kelas VIII H SMPN 1 Jonggol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan uji validasi ahli media, ahli materi dan guru mata pelajaran, serta angket uji keterbacaan dan angket respon siswa. Penyusunan media terdiri dari tahap analisis KI dan KD materi sistem ekskresi, analisis hasil penelitian pembuatan media, dan mendesain kembali media sehingga menghasilkan produk berupa media pembelajaran video animasi. Hasil analisis media dari ketiga validator (ahli materi, media dan guru mata pelajaran biologi) mendapatkan hasil rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori sangat valid dan hasil uji coba siswa didapatkan hasil rata-rata 93,9% dikategorikan sangat valid dan untuk hasil dari respon peserta didik sebesar 100%. Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dinilai sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Animaker; Media Pembelajaran; R&D; Sistem Ekskresi
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Jihan Nurzeha
Date Deposited: 06 Oct 2021 05:54
Last Modified: 06 Oct 2021 05:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44687

Actions (login required)

View Item View Item