Kerajaan Islam pertama di Jawa : Telaah historiografi karya Dr. Hermanus Johannes De Graaf dan Dr. Theodoor Gautier Thomas Pigeaud

Mu'min, Alhar Silahul (2021) Kerajaan Islam pertama di Jawa : Telaah historiografi karya Dr. Hermanus Johannes De Graaf dan Dr. Theodoor Gautier Thomas Pigeaud. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (694kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy

Abstract

Theodoor Gautier Thomas Pigeaud merupakan sejarawan yang ahli dalam bidang kesusastraan Jawa, banyak sekali karya dari Pigeud tentang Jawa. Ahli dalam bahasa Jawa dan Kebudayaan Jawa membuat Pigeud di ajak oleh Hermannus Johannes De Graaf untuk bersama-sama menulis mengenai kerajaan￾kerajaan Islam pertama di Jawa. Karya mereka diberi judul “De Eerste Moslinise Vorstendommen Op Java, Studien Over De Staatkundige Geschiedenis Van De 15 De En 16 De Eeuw”. Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pertama Di Jawa: Telaah Mengenai Sejarah Politik Abad Ke-15 Dan Ke-16. Berdasarkan uraian diatas, terdapat rumusan masalah sebagai berikut: pertama, bagaimana riwayat hidup Dr. Hermanus Johannes De Graaf dan Dr. Theodoor Gautier Thomas Pigeaud. Kedua, faktor-faktor yang melatar belakangi penulisan buku Kerajaan Islam Pertama Di Jawa. Ketiga, bagaimana tema, sistematika, corak, metode, model dan prespektif analisis buku. Keempat, bagaimana pandangan sejarawan terhadap karya-karya dari Dr. Hermanus Johannes De Graaf dan Dr. Theodoor Gautier Thomas Pigeaud terutama pada buku ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Biografi penulis buku, latar belakang penulis menulis buku, bagaimana tema, sistematika, corak, metode, model dan prespektif analisis buku, dan pandangan sejarawan terhadap buku Kerajaan Islam Pertama Di Jawa. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa H.J. De Graaf dan T.H. G Pigeud sama-sama lahir pada tahun terakhir abad XIX, 1899. Pigeud lahir 20 februari, De Graaf 24 agustus. buku Kerajaan-Kerajaan Islam Yang Pertama Di Jawa karya mereka ini termasuk kedalam historiografi modern, dimana didalamnya menggunakan sudut pandang Indonesia-sentris. Corak penulisan menggunakan pendekatan analisis kritis dengan menganalisis sumber￾sumber Barat dan Pribumi dan membandingkan dengan karya-karya yang sudah diteliti sebelumnya tentang Jawa. Metode yang digunakan De Graaf yaitu dengan metode penelitian sejarah. Buku ini masuk kedalam model Thematical History, yakni kajian sejarah yang lebih menitikberatkan pada tema-tema tertentu (bagian kecil) dari kehidupan umum sebuah masyarakat atau bangsa.De Graaf dan Thomas Pigeaud patut diberikan apresiasi setinggi mungkin. Karena berkat dirinya, khususnya sejarah Jawa menjadi terang benderang dan menjadi semakin jelas dengan membedah kisah sejarah Jawa yang penuh mitos.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kerajaan Islam; Historiografi; Telaah; Pandangan sejarawan
Subjects: Islam > Sunan
Historical Treatment of Painting
Historical Treatment of Painting > Painting 1400 - 1599
Biography, Obituary > Men Biography
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Alhar Silahul Mu'min
Date Deposited: 06 Oct 2021 03:37
Last Modified: 06 Oct 2021 03:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44684

Actions (login required)

View Item View Item