Hubungan antara respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua di rumah dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangalengan

Rahmalia, Rika (2021) Hubungan antara respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua di rumah dengan hasil belajar kognitif pendidikan agama Islam siswa : Penelitian pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangalengan. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (785kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (877kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy

Abstract

Orang tua merupakan pendidik pertama dan utama bagi setiap anaknya, bimbingan yang diberikan oleh orang tua sangatlah berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Terutama dalam bimbingan agama. Bimbingan agama yang diberikan oleh orang tua dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal. Berdasarkan studi pendahuluan, peneliti menemukan adanya permasalahan tentang rendahnya hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada Mata Pelajaran PAI, sedangkan kualitas/cara guru mengajar sudah tergolong cukup baik. SMPN 1 Pangalengan sendiri merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang cukup ketat untuk persoalan keagamaan. Hal ini mengindikasikan adanya faktor lain penyebab rendahnya hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran PAI.Banyak faktor yang mungkin mempengaruhinya, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Mata Pelajaran PAI merupakan salah satu contoh yang paling terlihat jelas tentang kualitas bimbingan agama orang tua di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua di rumah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangalengan. (2) hasil belajar kognitif PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangalengan. (3) hubungan antara respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua di rumah dengan hasil belajar kognitif PAI siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Pangalengan. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah bimbingan agama yang diberikan oleh orang tua di rumah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah semakin tinggi bimbingan agama yang diberikan oleh orang tua di rumah maka akan semakin baim pula hasil belajar kognitif pendidikan agama islam siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan angket, tes, dan studi dokumentasi dan diolah menggunakan aplikasi IBM SPSS 22 for windows. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan: (1) respon siswa terhadap bimbingan agama orang tua dirumah diperoleh rata-rata skor akhirnya adalah 4,03 yang mana angka tersebut ada pada interval 3,40 – 4,19 yang berarti Tinggi . (2) Hasil belajar kognitif PAI diperoleh rata-rata nilai hasil belajar kognitif PAI siswa sebesar 82,80 berada pada interval 80-100 yang artinya sangat baik . (3) Hasil analisis korelasi sederhana (r) adalah 0,794. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikansi dari tabel coeficients adalah sebesar 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa variabel bimbingan agama (x) berhubungan dengan variabel hasil belajar kognitif PAI (y). Bimbingan agama yang diberikan oleh orang tua di rumah berpengaruh sebesar 50,6% terhadap hasil belajar PAI siswa. Dengan kata lain 49,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya baik dari internal maupun eksternal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan agama; Orang tua; Hasil belajar kognitif; PAI
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rika Rahmalia
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:39
Last Modified: 06 Oct 2021 04:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44653

Actions (login required)

View Item View Item