Analisis terhadap jual beli rokok elektrik dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Toko Vaporid Cibiru Bandung

Maulana, Naufal Mahdi (2021) Analisis terhadap jual beli rokok elektrik dalam perspektif Hukum Ekonomi Syariah : Studi kasus di Toko Vaporid Cibiru Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (431kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penulis melihat semakin banyak pengguna rokok elektrik. Rokok elektrik adalah suatu alat yang berfungsi seperti rokok konvensional namun tidak dengan cara membakar daun tembakau, melainkan mengubah cairan menjadi uap yang dihisap oleh perokok ke dalam paru-paru. Salah satu toko yang memperjualbelikan rokok elektrik adalah Toko Vaporid Cibiru Bandung. Di Toko Vaporid Cibiru Bandung menjual berbagai jenis rokok elektrik, liquid (cairan rokok elektrik), dan berbagai barang yang berkaitan dengan rokok elektrik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik jual beli rokok elektrik di Toko Vaporid Cibiru Bandung serta menganalisis bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap praktik jual beli rokok elektrik di Toko Vaporid Cibiru Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini didasarkan pada ketentuan akad jual beli dalam fiqh Muamalah. Prinsip-prinsip Muamalah dalam praktek jual beli, bahwasanya jual beli itu harus didasarkan pada syarat sahnya jual beli, dilarang memperjualbelikan barang yang dapat membahayakan jiwa dan kesehatan, serta jual beli harus senantiasa mendatangkan manfaat dan menghindarkan kemudharatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif (studi kasus, yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk menguji secara terperinci terhadap praktik jual beli dan menyelidiki gejala objektif yang terjadi dilokasi tersebut dan dikaitkan dengan Hukum Ekonomi Syariah. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis berupa wawancara, observasi (pengamatan), dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa jual beli rokok elektrik di Toko Vaporid Cibiru Bandung berjalan seperti jual beli pada umumnya, tetapi jual belinya menjadi tidak sah bahkan batal karena objek jual belinya adalah barang yang dilarang oleh syara’ karena mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Segala barang yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan hukumnya haram untuk diperjualbelikan. Menurut Hukum Ekonomi Syariah bahwasanya transaksi jual beli di Toko Vaporid Cibiru Bandung melanggar salah satu syarat sah jual beli yaitu objek yang diperjualbelikan dapat membahayakan kesehatan. Sehingga hukum jual belinya menjadi batal bahkan haram karena segala hal yang dapat membahayakan kesehatan hukumnya haram untuk diperjualbelikan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli; Rokok Elektrik; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Aspek Fikih Lainnya
Commerce, Trade > Commercial Policy
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Naufal Mahdi Maulana
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:55
Last Modified: 06 Oct 2021 04:55
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44652

Actions (login required)

View Item View Item