Konsep pendidikan anak dalam Buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD

Dewi, Karima Yuspiani (2021) Konsep pendidikan anak dalam Buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman dan relevansinya dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB) | Request a copy

Abstract

Masalah pendidikan sering terjadi pada setiap jenjang termasuk di jenjang Sekolah Dasar. Kita sering menemukan peserta didik yang berakhlak kurang baik, hal itu mencerminkan telah terjadinya dekadensi moral dan etika yang disebabkan dalam pembelajaran hanya fokus pada pengembangan aspek kognitifnya saja. Upaya untuk mengatasinya yaitu dengan penyelenggaraan pendidikan karakter sejak usia dini dan mengoptimalkannya pada usia sekolah dasar. Pendidik bisa mencontoh keberhasilan Nabi Muhammad saw. dalam mendidik, salah satu buku yang menjelaskannya yaitu buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa tugas pendidik dan orangtua adalah mendidik dan mengajar anak. Mendidik memiliki arti transfer of value/norm, dengan begitu dapat mewujudkan pendidikan karakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Konsep pendidikan anak dalam buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman. 2) Relevansi konsep pendidikan anak dalam buku Islamic Parenting karya Jamal Abdurrahman dengan pendidikan karakter pada anak Usia MI/SD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka/Library research dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan model analisis data Milles dan Huberman, langkah-langkahnya yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa konsep pendidikan anak pada tahap kedua (Usia 4-10 tahun) dan pendidikan pada tahap ketiga (Usia 11-14 tahun) dalam buku Islamic parenting memiliki relevansi dengan pendidikan karakter anak usia MI/SD yaitu dari segi pengintegrasiannya dengan kurikulum atau materi pelajaran di MI/SD. Adapun indikator untuk mencari keterkaitannya yaitu 18 nilai karakter menurut Kemendiknas, dengan mata pelajaran yang dicari keterkaitannya dengan pendidikan karakter yaitu pelajaran Tematik, Akidah akhlak, Fikih dan Al-Qur’an Hadis. Dari 10 nilai karakter yang ditemukan dalam buku Islamic Parenting, terdapat 9 nilai karakter yang memiliki relevansi dengan pendidikan karakter yaitu nilai karakter religius, disiplin, mandiri, demokratis, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Adapun nilai karakter yang tidak relevan dengan kurikulum di MI/SD yaitu nilai karakter toleransi. Selain itu buku Islamic parenting memiliki relevansi dengan mata pelajaran pada jenjang MI/SD di setiap kelasnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak; Pendidikan Karakter Anak Usia MI/SD; Kurikulum MI/SD
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Karima Yuspiani Dewi
Date Deposited: 06 Oct 2021 02:07
Last Modified: 06 Oct 2021 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44622

Actions (login required)

View Item View Item