Inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang pada masa pandemi : Studi kasus Website Silasidakep

Khoerunnisa, Safila (2021) Inovasi pelayanan publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang pada masa pandemi : Studi kasus Website Silasidakep. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (755kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB) | Request a copy

Abstract

Keadaan pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar bagi semua pihak termasuk pemerintah. Selain itu pandemi juga mengakibatkan aktivitas menjadi terbatas. Berbagai pihak mencoba untuk beradaptasi dengan keadaan ini, salah satunya yaitu Disdukcapil Kabupaten Sumedang dengan melakukan inovasi agar bisa terus melakukan pelayanan kepada publik. Namun pada pelaksanaannya masih terdapat permasalah seperti kurangnya pemahaman masyarakat mengenai website Silasidakep tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana keunggulan relative, kompatibilitas, kerumitan kemampuan diuji coba dan kemampuan diamati dari inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang pada masa pandemi dengan menggunakan website SilaSidakep. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus dengan menggunakan teori inovasi dari Rogers yang memiliki atribut relative advantage (keuntungan relative), compatibility (kompabilitas), complexity (kerumitan), trability (kemampuan diuji coba), observability (kemampuan diamati). Peneliti melakukan wawancara, observasi, serta studi dokumentasi untuk mendapatkan data dan informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang pada masa pandemi dengan menggunakan website SilaSidakep belum optimal. Dapat dilihat pada atribut keunggulan relatif (relative advantage) bahwa manfaat dari inovasi belum dirasakan oleh masyarakat secara merata karena keterbatasan pengetahuan mengenai teknologi. Pada atribut kompatibilitas (compatibility) inovasi telah disesuaikan dengan kondisi pandemic namun belum sesuai dengan kebiasaan di beberapa daerah yang belum terbiasa menggunakan teknologi. Pada atribut kerumitan (complexity) yaitu inovasi masih banyak dialami pada masyarakat khususnya pada proses pengunggahan berkas dan jenis file. Lalu pada atribut kemampuan diuji coba (triability) inovasi telah melakukan proses uji coba sebelum dirilis. Yang terakhir pada atribut kemampuan diamati (observability) inovasi belum dipahami oleh masyarakat secara menyeluruh karena keterbatasan penguasaan teknologi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik; inovasi; website; Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumedang
Subjects: Public Administration > Public Administration in Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Safila Khoerunnisa
Date Deposited: 07 Oct 2021 07:02
Last Modified: 07 Oct 2021 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44618

Actions (login required)

View Item View Item