Nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab Ta’lim Muta’allim dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia

Pangsuma, Inganah Sholehah Pangsuma (2021) Nilai-nilai pendidikan akhlak pada kitab Ta’lim Muta’allim dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (860kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3 INGANAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi masih banyaknya tindakan penyimpangan yang dilakukan oleh peserta didik yang tidak sesuai dengan ajaran Rasulullah saw. Degradasi moral salah satu yang mempengaruhi penyimpangan tersebut, degradasi moral disebabkan oleh globalisasi diantaranya yaitu penggunaan gadget. Dengan adanya gadget peserta didik menjadi kurang berinteraksi di lingkunganya, keluarga maupun di sekolah. Faktor lain yang juga menjadi penyebab degradasi moral yaitu faktor yang berasal dari lingkungan masyarakat di mana pola lingkungan masyarakat saat ini mencari alternatif yang paling mudah dalam menyelesaikan permasalahan seperti contohnya perilaku menyontek, karena ingin nilai yang bagus tanpa belajar terlebih dahulu menyontek menjadi pilihan untuk menjawab soal ujian. Dampak globalisasi saat ini membawa pengaruh Indonesia melupakan pendidikan karakter Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui,1. untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim.2. untuk mendeskripsikan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada pada kitab Ta’lim Muta’allim dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa di dalam kitab Ta’lim Muta’allim memiliki nilai-nilai pendidikan akhlak yang dibutuhkan pada pendidikan saat ini yang relevan dengan pendidikan karakter yang ada di Indonesia. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dan peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dengan kajian pustaka menggunakan sumber data primer yaitu kitab Ta’limMuta’allim karya Syaikh az-Zarnuji dan penggunaan buku yang relevan yang sesuai dengan penelitian dan teknik pengumpulan data yang bersumber dari dokumen. Berdasarkan analisis data yang diperoleh simpulan bahwa di dalam kitab Ta’limMuta’allim terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu 1) tauhid, 2) takwa, 3) tawakal, 4) dzikrullah, 5) sabar, 6) bersyukur, 7) tawadhu, 8) bersungguh-sungguh, 9) hemat, 10) bersemangat, 11) hormat, 12) kasih sayang, 13) bermusyawarah, 14) dermawan. Dari nilai-nilai tersebut keseluruhanya memiliki kaitan terhadap nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di Indonesia yaitu religious, kejujuran, kreatif, kerja keras, mandiri, tanggungjawab, cinta damai, toleransi, menghargai prestasi, rasa ingin tahu, gemar membaca, disiplin, peduli sosial, dan semangat kebangsaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak; Pendidikan Karakter; Kitab Ta’lim Muta’alli;
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Inganah Sholehah Pangsuma
Date Deposited: 14 Oct 2021 04:34
Last Modified: 14 Oct 2021 04:34
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44603

Actions (login required)

View Item View Item