Manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online hubungannya dengan efektivitas pelayanan administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kota Tasikmalaya

Nurdzahabiyan, Nakhlah (2021) Manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online hubungannya dengan efektivitas pelayanan administrasi : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta (MAS) di Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (699kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (989kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan teknologi informasi sangatlah berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam konteks sistem pendidikan. Hal tersebut jika diterapkan di suatu lembaga pendidikan sangat berpengaruh terhadap eksistensi lembaga pendidikan tersebut, bahkan bisa menjadi suatu daya saing. Salah satu rangkaian kegiatan rutin yang dalam penerapannya memanfaatkan kemajuan teknologi informasi adalah dalam kegiatan penerimaan peserta didik baru. Beberapa Madrasah Aliyah Swasta di Kota Tasikmlaya telah menerpakan penerimaan peserta didik baru dengan sistem online. Namun, jika penerimaan peserta didik baru sistem online tersebut tidak di manage/ dikelola dengan tepat, maka hal tersebut akan mempengaruhi efektivitas pelayanan administrasi di Madrasah itu sendiri. Maka bagaimana manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online yang dilakukan mampu menghasilkan efektivitas dalam pelayanan administrasi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online di MAS Kota Tasikmalaya. 2) Efektivitas pelayanan administrasi di Kota Tasikmalaya. 3) Hubungan manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online dengan efektivitas pelayanan administrasi di Kota Tasikmalaya. Manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online memiliki indikator perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Adapun indikator efektivitas pelayanan administrasi yaitu kecepatan, ketepatan, dan keakuratan. Maka berdasarkan asumsi tersebut, Hipotesis dari penelitian ini adalah Ha= Adanya hubungan yang positif antara manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online dengan efektivitas pelayanan administrasi. Penelitian menggunakan metode kuantitatif, yang lebih spesifiknya berjenis korelasi. Pengambilan data menggunakan teknik penyebaran angket kuisioner. Kemudian data di analisis dengan teknik uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan lineritas), uji korelasi, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa manajemen PPDB sistem online dengan efektivitas pelayanan administrasi memiliki korelasi dengan skor sig. 0,001 < 0,05. Kemudian berdasarkan hasil perhitungan analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,413. Terdapat pada tingkat kekuatan sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 - 0,59. Adapun jenis hubungan variabelnya yakni mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,413 dengan tidak memiliki tanda (-) didepan angka tersebut, sehingga hubungan kedua variabel tersebut searah dan memiliki arti bahwa semakin tinggi manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online maka semakin tinggi pula efektivitas pelayanan administrasinya. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,170 bermakna bahwa kontribusi variabel manajemen penerimaan peserta didik baru sistem online terhadap efektivitas pelayanan administrasi adalah 17,0%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Efektivitas; Pelayanan Administrasi
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nakhlah Nurdzahabiyan
Date Deposited: 06 Oct 2021 01:37
Last Modified: 06 Oct 2021 01:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44599

Actions (login required)

View Item View Item