Dakhîl al-Naqlî dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr karya al-Suyûṭî ;Analisis Tentang Kisah Nabi Dawud a.s.

Zahiroh, Najma (2021) Dakhîl al-Naqlî dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr karya al-Suyûṭî ;Analisis Tentang Kisah Nabi Dawud a.s. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Dalam menafsirkan Alquran, seorang mufasir seringkali tertahan oleh pra-pemahaman dan latar belakang keilmuan serta ideologinya. Sehingga ia tidak mampu menafsirkan Alquran secara objektif. Kondisi tersebut semakin perlu mendapatkan perhatian ketika di dalam kitab-kitab tafsir yang ditulis oleh para ilmuwan tafsir terdapat beberapa sumber penafsiran yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, misalnya riwayat isrâ’iliyyât, hadis palsu, dan perkataan orang-orang terdahulu yang tidak bisa dijelaskan latar belakangnya. Inilah yang dikenal dengan istilah al-dakhîl fî al-tafsîr (infiltrasi penafsiran).        Dari latar belakang yang telah diuraikan secara singkat di atas, rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja bentuk-bentuk dakhîl al-naqli pada penafsiran kisah Nabi Dawud a.s. dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr karya Jalâl al-dîn al-Suyûṭî?         Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk-bentuk dakhîl al-naqli pada penafsiran kisah Nabi Dawud a.s. dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr karya Jalâl al-dîn al-Suyûṭî. Selain itu, di dalam penelitian ini juga akan dijelaskan mengenai penyebab-penyebabnya.        Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah jenis kualitatif dengan menggunakan teknik analisis data berupa content analysis (analisis isi). Untuk mendapatkan data yang diperlukan, langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis adalah sebagai berikut: (1) Mengidentifikasi ayat-ayat Alquran yang mengisahkan tentang Nabi Dawud a.s. (2) Memaparkan penafsiran ayat-ayat yang telah diidentifikasi dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr karya Jalâl al-dîn al-Suyûṭi. (3) Menganalisa kualitas penafsiran tersebut. (4) Mengaitkan analisis yang diperoleh oleh peneliti dengan teori dakhîl al-naqlî yang dipaparkan oleh Prof. Dr. Ibrahim Abdurrahman Khalifah dalam bukunya yang berjudul al-Dakhîl fî al-Tafsîr. (6) Menyimpulkan data yang telah diperoleh oleh peneliti.         Data yang terkumpul memparkan bahwa terdapat beberapa bentuk dakhîl al-naqlî dari riwayat-riwayat yang digunakan oleh al-Suyûti untuk menafsirkaan ayat-ayat tentang kisah Nabi Dawud a.s. dalam kitab al-Durr al-Manṡūr fī al-Tafsīr bi al-Ma’ṡūr. Dakhîl al-naql tersebut ditemukan di dua tempat, yaitu QS.al-Baqarah [2]: 251 dan QS. Ṣad [38]: 21-25. Dakhîl al-naqlî pada QS.al-Baqarah [2]: 251 disebakan oleh sanadnya yang daif dan redaksi riwayatnya yang mengandung perkara yang haq dan batil, serta kebohongan dan kebenaran. Sedangakan Dakhîl al-naqlî pada QS. Ṣad [38]: 21-25 disebabkan oleh sanadnya yang daif dan redaksi riwayat yang dipakai dalam penafsiran tersebut kontradiktif dengan Alquran dan hadis sahih serta isrâ’iliyyât tersebut tidak sesuai dengan Alquran dan hadis sahih.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tafsir; kisah Nabi Daud; Dakhil Naqli; Durur mansur
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kritik dan Komentar Mengenai Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Najma Zahiroh
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:06
Last Modified: 05 Oct 2021 04:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44555

Actions (login required)

View Item View Item