Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil dan relevansinya dengan pembinaan karakter siswa MI

Sholihah, Mar'atun (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil dan relevansinya dengan pembinaan karakter siswa MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena merosotnya karakter siswa, di antaranya siswa yang melakukan perbuatan asusila, kekerasan hingga bullying. Hal ini lantaran tontonan yang mengandung kekerasan hingga mengandung adegan seks. Dari hal tersebut, maka perlunya pembinaan karakter siswa MI melalui pemilihan film atau tontonan yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat dicontoh oleh siswa. Peneliti mengambil film animasi Petualangan Si Unyil yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Pemilihan film animasi Petualangan Si Unyil dilatarbelakangi oleh adanya keinginan untuk mendeskripsikan secara mendalam adanya nilai-nilai pendidikan karakter yang tercermin dalam dialog atau adegan yang diperankan oleh para tokoh dalam film animasi tersebut. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil, dapat dijadikan sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada siswa, sehingga dapat memperbaiki siswa ke arah perubahan karakter yang lebih baik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil. 2) relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil dengan pembinaan karakter siswa MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis data Miles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 13 nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam film animasi Petualangan Si Unyil yaitu religius, jujur, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. Adapun terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Petualangan Si Unyil dengan pembinaan karakter siswa MI, yakni pembinaan karakter dapat dilakukan melalui metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, hukuman dan melalui peristiwa, sehingga film animasi ini dapat dijadikan sebagai bahan referensi tambahan bagi guru atau orang tua dalam pembinaan karakter siswa MI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Film Animasi Petualangan Si Unyil; Pembinaan Karakter Siswa MI
Subjects: Education
Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mar'atun Sholihah
Date Deposited: 05 Oct 2021 04:15
Last Modified: 05 Oct 2021 04:15
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44537

Actions (login required)

View Item View Item