Pemberdayaan masyarakat miskin melalui Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi deksriptif PKH Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Garut

Nurpalah, Imas Siti (2021) Pemberdayaan masyarakat miskin melalui Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi deksriptif PKH Desa Selaawi Kecamatan Selaawi Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sosial yang sampai saat ini masih menjadi perhatian khusus adalah kemiskinan. Kemiskinan ialah suatu kondisi keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan pokok dasarnya, seperti kebutuhan sandang pangan dan papan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah meluncurkan bantuan Program Keluarga Harapan sebagai solusi bagi masyarakat miskin, selain itu guna memaksimalkan pengentasan kemiskinan ini dibentuk sebuah program pemberdayaan dalam hal ini adalah KUBE. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat miskin sebelum ada Program Keluarga Harapan, Proses Pemberdayaan Masyarakat Miskin dan Hasil dari Program Pemberdayaan PKH. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori proses pemberdayaan dari Randy R Wrihatmolo dan Riant Nugroho Dwidjowijoto (2007) yang menyatakan ada 3 tahapan dalam proses pemberdayaan. Pertama, penyadaran yang dilakukan melalui kegiatan P2K2 dan pendampingan, Kedua tahap pengkafasitasan yaitu pemberian modal bantuan kube. Ketiga, tahap pendayaan yaitu dilakukan dengan kegiatan controling. Metode yang di gunakan adalah metode deksriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan kemudian dokumentasi. Setelah itu data yang didapatkan dikumpulkan dan di analisis menggunakan reduksi data, display data dan pengambilan keputusan. Hasil penelitian pemberdayaan masyarakat miskin melalui PKH ini menunjukan bahwa dengan adanya program pemberdayan yang di bentuk, anggota PKH dapat meningkatkan pendapatan dalam keluarganya, tumbuhnya kemandirian para anggota, serta dapat mengurangi kesenjangan sosial masyarakat Desa Selaawi. Kata Kunci : Pemberdayaan, Masyarakat Miskin, Program Keluarga Harapan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat Miskin; PKH
Subjects: Social Process
Social Process > Social Change
Social Welfare, Problems and Services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Imas Siti Nurpalah
Date Deposited: 04 Oct 2021 10:14
Last Modified: 04 Oct 2021 10:14
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/44496

Actions (login required)

View Item View Item